IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF DAN FISIK MOTORIK ANAK PADA KELOMPOK B DI TKIT BAITUSSALAM PRAMBANAN

IYS NUR HANDAYANI, NIM. 18204030004 (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF DAN FISIK MOTORIK ANAK PADA KELOMPOK B DI TKIT BAITUSSALAM PRAMBANAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF DAN FISIK MOTORIK ANAK PADA KELOMPOK B DI TKIT BAITUSSALAM PRAMBANAN)
18204030004_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF DAN FISIK MOTORIK ANAK PADA KELOMPOK B DI TKIT BAITUSSALAM PRAMBANAN)
18204030004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan Anak Usia Dini sekarang yang lebih menekankan pada hasil. Pendekatan saintifik merupakan konsep dasar yang memberikan pengalaman pada proses pembelajarannya. Sehingga pembelajaran saintifik menitikberatkan pada kemampuan dan keterampilan proses saat pembelajaran pada anak. Pada pendekatan ini kemampuan yang dominan untuk menunjang yaitu adanya koordinasi antara kemampuan kognitif dan kemampuan fisik motorik anak. Maka dapat diketahui permasalahannya yaitu implementasi pendekatan saintifik, cara mengembangkan aspek kognitif dan fisik motorik anak dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru-guru dan anak didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini: pertama, implementasi pendekatan saintifik pada kelompok B di TKIT Baitussalam Prambanan yaitu pada pembelajaran awal, inti dan akhir dengan 5 tahapan yaitu: Mengamati: mengamati gambar, benda, video, dan hasil karya dengan memfungsikan 5 alat indra anak yaitu mata, hidung, telinga, tangan dan lidah, Menanya: melakukan tanya jawab antara guru dengan anak atau anak dengan temannya mengenai suatu gambar, benda, video, dan hasil karya anak yang berkaitan dengan tema/sub tema hari tersebut, Mengumpulan informasi: mengumpulkan/menghimpun materi mengenai gambar, benda, video, dan hasil karya yang dibahas pada tahapan sebelumnya, Menalar: saling memberikan pemahaman mengenai gambar, benda, video, dan hasil karya anak yang dibantu oleh guru; dan Mengkomunikasikan: mengkomunikasikan tentang gambar, benda, video, dan hasil karya anak dikomunikasikan dengan pengetahuan yang di dapat dengan pengetahuan baru. Kedua, cara mengembangkan aspek kognitif dan fisik motori anak dengan pendekatan saintifik yaitu melalui pengembangan Kompetensi Inti / Kompetensi Dasar pada kegiatan main pada pembelajaran di sentra: Kognitif anak dapat diketahui dari kemampuan anak dengan pemahaman, pertimbangan pengolahan informasi, pemecahan masalah, kesenjangan, dan keyakinan dapat digunakan secara maksimal, Fisik Motorik anak berkembang dilihat dari keterampilan menggerakkan anggota tubuh anak dan dapat dikembangkan dengan latihan koordinasi gerak dan mata, kelenturan, kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M. M
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Aspek, Kognitif, Fisik Motorik.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Jun 2020 09:29
Last Modified: 24 Jun 2020 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39588

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum