EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN ANIMASI FLASH UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI

Eko Pardiyanto, NIM. 16690045 (2020) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN ANIMASI FLASH UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN ANIMASI FLASH UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI)
16690045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIVE LEARNING BERBANTUAN ANIMASI FLASH UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI)
16690045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui efektivitas strategi pembelajaran generative learning berbantuan animasi flash untuk remediasi miskonsepsi siswa terhadap materi hukum newton tentang gravitasi, 2) mengetahui bagaimana penurunan miskonsepsi siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran generative learning berbantuan animasi flash. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Yogyakarta pada kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan februari sampai maret 2020. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda beralasan (two-tier multiple choice aitems) dan non tes berupa lembar wawancara siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) hasil uji hipotesis dengan mengunakan perhitungan uji t test didapatkan asymp sig(2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai probabilitas sebesar 0,05, terlihat bahwa nilai asymp sig(2-tailed) lebih kecil dibandingkan nilai probabilitas serta nilai efektivitasnya sebesar 2,154. 2) penurunan miskonsepsi yang terjadi setelah diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran generative learning berbantuan Animasi Flash pada kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol terlihat dari rata-rata penurunan miskonsepsi pada kelas eksperimen sebesar 20% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 2,30%. Artinya bahwa strategi pembelajaran generative learning berbantuan Animasi Flash efektif digunakan untuk meremediasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas X di SMAN 5 yogyakarta pada materi hukum newton tentang gravitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Winarti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Generative Learning, Animasi Flash, Remediasi Miskonsepsi, Hukum Newton Tentang Gravitasi
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Jul 2020 11:00
Last Modified: 10 Jul 2020 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39668

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum