LAPORAN COMMUNITY BASED-RESEARCH MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PELESTARIAN LINGKUNGAN DAN NILAI-NILAI AGAMA DI PEGUNUNGAN DIENG

Salehudin, Ahmad (2019) LAPORAN COMMUNITY BASED-RESEARCH MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PELESTARIAN LINGKUNGAN DAN NILAI-NILAI AGAMA DI PEGUNUNGAN DIENG. Project Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL LAPORAN COMMUNITY BASED-RESEARCH MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PELESTARIAN LINGKUNGAN DAN NILAI-NILAI AGAMA DI PEGUNUNGAN DIENG)
Ahmad.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1596779971.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

program ekonomi berbasis pelestarian lingkungan dan nilai-nilai agama perlu diterapkan di Dataran Tinggi Dieng karena tiga hal. (1) Kerusakan lingkungan Dieng yang sangat parah sehingga dapat mengancam kehidupan masyarakat yang tinggal di atasnya. Kerusakan lingkungan tersebut dapat dilihat dari tingginya erosi tanah yang terjadi, dan bahaya banjir yang selalu datang di setiap musim penghujan. Kerusakan lingkungan juga dapat dilihat dari tingginya pencemaran tanah di Dataran Tinggi Dieng, yang ditandai oleh menghilangnya binatang-binatang sungai (ikan) di sungai-sungai yang bermuara ke Dataran Tinggi Dieng. Rusaknya lingkungan secara cepat atau lambat akan menyebabkan musnahnya manusia yang tinggal diatasanya. (2) Dieng memiliki bentang alam yang sangat indah, yang dapat dikelola sebagai sumber ekonomi alternatif, selain ekonomi utama, kentang. Apalagi, secara historis Dieng merupakan kawasan wisata utama di Indonesia sejak awal tahun 1900an sehingga dapat dengan mudah untuk dikembangkan. (3) Masyarakat Dieng adalah masyarakat agamis. Mereka melandasi segenap aktivitasnya dengan nilai-nilai agama. Dalam proses pengembangan ekonomi berbasis alam (lingkungan), agama pernah menjadi salah satu penghalang utamanya. Oleh karena itu, pengembangan ekonomi berbasis pelestarian lingkungan harus disesuaikan dengan nilai-nilai agama yang diyakini, dihayati, dan dihidupi oleh masyarakat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Meningingkatkan ekonomi, pelestarian lingkungan, nilai-nilai agama
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Divisions: Penelitian > 1. Pegawai dan Dosen
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Aug 2020 13:33
Last Modified: 07 Aug 2020 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39960

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum