EFEKTIFITAS METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Siti Wina Munawaroh, NIM: 12480055 (2019) EFEKTIFITAS METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
12480055_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
12480055_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siti Wina Munawaroh, “Efektifitas Metode Yanbu‟a Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an Di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Suatu metode sangat lah penting dalam suatu pembelajaran dan pengajaran. Beberapa guru tidak memperhatikan metode dalam melakukan pembelajaran dan pengajaran. Salah satu faktor penting untuk mengantarkan materi pelajaran mencapai tujuan adalah dengan memperhatikan metode pembelajaran yang digunakan. Namun dalam kenyataanya dalam pembelajaran BTAQ banyak yang menerapkan metode Iqro, padahal terdapat banyak metode lain di Indonesia ini, salah satunya adalah metode Yanbu‟a. Padahal metode Iqro membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembelajarannya, dan banyak huruf hijaiyah yang di ulang-ulang, kurang bervariasi, membuat anak cepat bosan sehingga kurang maksimal dalam pencapaian target. Siswa yang melakukan proses pembelajaran dengan metode kurang menarik akan menghasilkan kemampuan yang kurang maksimal. Jika di kaitkan dengan kegiatan baca tulis Al-Qur‟an , maka siswa akan kurang memperhatikan tajwid dan makhrojul huruf sesuai dengan kaidah yang benar. Dengan adanya metode Yanbu‟a, maka diharapkan siswa dapat tuntas pada setiap jilidnya. Sehingga siswa mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai hukum bacaan tajwid. Oleh karena itu, pentingnya mengetahui bagaimana penerapan metode Yanbu‟a dalam proses pembelajaran Al-Qur‟an ? dan bagaimana efektifitas metode tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan dan penerapan metode Yanbu‟a di MI Sunan Pandanaran. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan latar MI Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, kurikulum keagamaan, guru pengajar Yanbu‟a, serta beberapa siswa MI Sunan Pandanaran. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, verivikasi data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode Yanbu‟a di MI Sunan Pandanaran sudah berlangsung selama 13 tahun. Sistem dari metode Yanbu‟a ini adalah privat dan guru berhadapan langsung dengan siswa. Dengan cara tersebut guru dapat menjelaskan langsung pokok bahasan, menyimak bacaan, dan memantau langsung perkembangan siswa. Efektifitas metode Yanbu‟a terhadap kelancaran membaca Al-Qur‟an di MI Sunan Pandanaran dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut tercemin dari pembelajaran yang cukup menyenangkan, hasil yang dicapai siswa cukup baik, dan dengan relative waktu yang tepat. Selain itu ke efektifitasan pembelajarna ini dapat dilihat dari indikator pembelajaran efektif, antara lain pengorganisasian materi sudah berjalan cukup baik, komunikasi yang efektif, penguasaan dan antusiasme terhadap materi pembelajaran, sikap positif terhadap siswa, pemberian nilai yang adil, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, hasil belajar yang baik. Dalam hal lain prinsip-prinsip belajar efektif juga terpenuhi yaitu perhatian, motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung, pengulangan, tantangan, penguatan dan perbedaan kemampuan individu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektifitas metode Yanbu’a, pembelajaran baca tulis Al-Qur’an , metode pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:25
Last Modified: 12 Aug 2020 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum