PRASANGKA ANTAR KELOMPOK PENGEMUDI TRANSPORTASI KONVENSIONAL (OJEK PANGKALAN) DAN PENGEMUDI TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI (OJEK ONLINE) DI YOGYAKARTA

Deky Pradana, 14710038 (2019) PRASANGKA ANTAR KELOMPOK PENGEMUDI TRANSPORTASI KONVENSIONAL (OJEK PANGKALAN) DAN PENGEMUDI TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI (OJEK ONLINE) DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PRASANGKA ANTAR KELOMPOK PENGEMUDI TRANSPORTASI KONVENSIONAL (OJEK PANGKALAN) DAN PENGEMUDI TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI (OJEK ONLINE) DI YOGYAKARTA)
14710038_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PRASANGKA ANTAR KELOMPOK PENGEMUDI TRANSPORTASI KONVENSIONAL (OJEK PANGKALAN) DAN PENGEMUDI TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI (OJEK ONLINE) DI YOGYAKARTA)
14710038_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (634kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika dan faktor yang memengaruhi prasangka antar kelompok ojek konvensional dan ojek online beserta cara mereduksi prasangka tersebut. Total informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 2 orang pengemudi ojek konvensional dan 2 orang pengemudi ojek online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pendekatan studi kasus. Pengambilan data informan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan data yang telah ditemukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat ketersalingan berprasangka antara kelompok ojek konvensional dan ojek online. Hal ini ditandai dengan penolakan kelompok ojek konvensional terhadap ojek online karena dianggap merebut lapangan kerja. Selain itu, kelompok ojek online juga merasakan kekhawatiran dalam bekerja karena sistem zonasi. Kehadiran ojek online tidak sepenuhnya mencapai apa yang ditargetkan yaitu mengumpulkan para pengemudi ojek konvensional untuk dipayungi oleh satu perusahaan sekaligus mampu meningkatkan penghasilan. Namun, kenyataan yang terjadi adalah penolakan oleh kelompok ojek konvensional akan hadirnya ojek online yang menyebabkan persaingan, konflik dan prasangka. Adapun cara yang ditemukan untuk mereduksi prasangka antar kedua pihak yakni dengan menerapkan rekategorisasi dimana kedua kelompok menyamakan nilai dan tujuan yaitu mencari nafkah bersama-sama sebagai pengemudi ojek

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Johan Nasrul Huda, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Prasangka Antar Kelompok, Ojek Konvensional, Ojek Online, Studi Kasus.
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: SH Harniyati
Date Deposited: 23 Aug 2020 20:25
Last Modified: 23 Aug 2020 20:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum