MOTIVASI STAKEHOLDERS SEKOLAH DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Prama Widya Pustaka SMA Negeri 1 Wonosari)

Ernawati, 17200010071 (2019) MOTIVASI STAKEHOLDERS SEKOLAH DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Prama Widya Pustaka SMA Negeri 1 Wonosari). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI STAKEHOLDERS SEKOLAH DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Prama Widya Pustaka SMA Negeri 1 Wonosari))
17200010071_BAB I_V DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI STAKEHOLDERS SEKOLAH DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN AKREDITASI PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Prama Widya Pustaka SMA Negeri 1 Wonosari))
17200010071_BAB II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus di Perpustakaan SMA Negeri 1 Wonosari terakreditasi “A”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan motivasi stakeholders sekolah dalam mencapai keberhasilan akreditasi perpustakaan sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dipilih secara purposive sampling yang dianggap paling tahu tentang masalah yang diteliti. Informan dalam penelitian ini ada 8 stakeholder. Kepala sekolah merupakan key informan. Analisis data menggunakan metode Spradley yang dibagi dalam 4 analisis yaitu : analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran stakeholder dalam mencapai akreditasi perpustakaan dibagi kedalam 5 klasifikasi yaitu : Policy Creator, koordinator, fasilitator, implementer dan akselerator. Sedangkan motivasi stakeholders dalam mencapai keberhasilan akreditasi dapat dilihat dengan menggunakan pendekatan Three Need Theory antara lain : Need For Achievement, Need For Affiliation dan Need For Power. Berdasarkan Need For Achievement dilatarbelakangi karena keunggulan sekolah dan fungsi perpustakaan. Need For Affiliation dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal dan kerjasama tim. Need For Power memberikan hasil yang berdampak mencapai keberhasilan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa adanya teori motivasi lain berdasarkan analisis data dilapangan. Adapun teori yang berkaitan dengan hal ini dilatar belakangi oleh didasarkan pada kebutuhan manusia akan keberadaan (exsistence) dimana perpustakaan tidak lagi dipandang sebelah mata, hubungan (relatedness) yaitu terjalinnya hubungan antar stakeholder serta kerjasama dengan perpustakaan lain. Sedangkan pertumbuhan (growth) terjadi perubahan mindset dan keinginan untuk belajar oleh setiap stakeholder. Teori tersebut merupakan teori yang dikemukakan oleh Clyaton Alderfer seorang psikolog asal Amerika Serikat

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Stakeholder perpustakaan, Three Need Theory, Teori Alderfer
Subjects: Perpustakaan > Perpustakaan Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 03 Sep 2020 13:28
Last Modified: 03 Sep 2020 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40823

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum