ANALISIS BAHAN AJAR BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS (Telaah Kritis Atas Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013)

Afif Amrullah, NIM: 1520411042 (2019) ANALISIS BAHAN AJAR BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS (Telaah Kritis Atas Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BAHAN AJAR BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS (Telaah Kritis Atas Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013))
1520411042_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ANALISIS BAHAN AJAR BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS (Telaah Kritis Atas Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2013))
1520411042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Fokus dari banyak riset mutakhir seputar pendidikan bahasa Arab cenderung terpumpun pada aspek teknis-metodologis sembari mengabaikan aspek lain yang tak kalah penting: materi bahan ajar. Sehingga, buku teks pelajaran bahasa Arab kerap menyajikan konten yang tidak merepresentasikan realitas yang dialami oleh para peserta didik. Materi pada buku teks pelajaran bahasa Arab sering gagal menjadi penghubung antara bahasa dengan konteks kebahasaan: politik, sosial-kultural, serta kebutuhan dan minat para peserta didik. Dari titik inilah penelitian ini berangkat. Secara hipotesis, penelitian ini berpendapat bahwa buku teks mata pelajaran bahasa Arab berkontribusi dalam pembentukan reaksi, sikap, dan perilaku peserta didik terhadap realitas di sekitar mereka. Untuk lebih mempertajam fokus kajian, maka pembahasan pada penelitian ini dirumuskan secara interogatif dalam pertanyaan berikut: 1) Bagaimana materi pada buku teks tersebut dalam pandangan pendidikan kritis?; 2) Seperti apa kelebihan serta kekurangan dari buku teks tersebut ditinjau dari perspektif pendidikan kritis? Karena kajian ini berfokus pada materi buku teks pelajaran bahasa Arab bagi peserta didik kelas X, XI, dan XII Madrasah Aliyah kurikulum 2013, maka penelitian ini tergolong dalam riset pustaka, sedang analisisnya didasarkan pada perspektif pendidikan kritis. Demi memudahkan proses analisis tersebut, digunakanlah teknik analisis wacana kritis, dan tersebab data dalam penelitian ini bersifat kualitatif, maka penyusunan serta penulisannya pun disajikan dengan format deskriptif-naratif. Riset ini menghasilkan lima kesimpulan: 1) Tema materi dalam buku teks pelajaran bahasa Arab belum menjangkau kehidupan peserta didik dengan tingkat ekonomi rendah, sehingga materi yang ada menjadi sukar diterima oleh mereka; 2) Absennya latihan soal dalam format mengarang dan dikte yang justru bisa mengakibatkan tumpulnya kuriositas peserta didik pun menjadi salah satu kekurangan dari buku teks tersebut; 3) Latihan soal dengan bentuk pilihan ganda terlalu mendominasi, dimana hal itu justru tidak mampu menstimulus pertumbuhan daya interpretasi peserta didik; 4) Buku teks pelajaran bahasa Arab terlampau banyak memuat materi bertema keislaman yang mana hal ini dapat memupuk benih sektarianisme dalam diri peserta didik; 5) Topik dalam buku teks pelajaran bahasa Arab juga sama sekali belum menyinggung persoalan seputar: kapitalisme, liberalisme, sekulerisme, kesetaraan gender, dan tema-tema besar kemanusiaan lainnya yang justru dapat menstimulus tumbuhnya kesadaran kritis para peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kritis, Analisis dokumen, Buku teks pelajaran bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 18 Nov 2020 13:48
Last Modified: 18 Nov 2020 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum