URGENSI PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH SIDAYU BANDAR KABUPATEN BATANG

Moh. Nahdi Mujahidin, 13490062 (2020) URGENSI PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH SIDAYU BANDAR KABUPATEN BATANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (URGENSI PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH SIDAYU BANDAR KABUPATEN BATANG)
13490062_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (URGENSI PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH SIDAYU BANDAR KABUPATEN BATANG)
13490062_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Moh. Nahdi Mujahidin, URGENSI PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK DALAM PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH SIDAYU BANDAR KABUPATEN BATANG, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan dalam pembangunan peradaban berbangsa. Sekolah/madrasah sebagai satuan pendidikan memiliki peran yang sangat signifikan dalam pendidikan. Kepala sekolah/madrasah sebagai pemimpin memiliki kewenangan untuk mengelola lembaga agar mampu mencapai kualitas mutu yang diharapkan. Supervisi akademik merupakan salah satu kewajiban seorang kepala sekolah/madrasah dalam mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu perlu adanya penelitian mengenai sejauh mana urgensi kepala sekolah/madrasah dalam pengembangan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepala sekolah/madrasah sebagai supervisor akademik memiliki peran yang sangat signifikan dalam pengembangan mutu lembaga. Supervisi yang dilakukan oleh Kepala MI Islamiyah Sidayu terbukti dapat membenahi persoalanpersoalan pendidikan khususnya permasalahan guru dan pembelajaran. Setelah melakukan supervisi akademik kepala madrasah menyusun dan melakukan langkahlangkah strategis yaitu dengan melakukan pendampingan, mengadakan diklat untuk meningkatkan kualitas guru. Faktor yang mendukung proses pelaksanaan supervisi adalah pola komunikasi yang aktif sedangkan faktor penghambatnya adalah guru yang kadang tidak bisa melakukan pengajaran dengan efektif ketika dilakukan supervisi dikelas dan perserta didik juga menjadi diam karena takut ketika pelaksanaan supervisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Urgensi Peran, Supervisi Akademik, Pengembangan Mutu.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2020 12:51
Last Modified: 01 Dec 2020 12:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41410

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum