OPTIMALISASI PERANAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP N 3 MLATI

Riduwan, 17204011103 (2020) OPTIMALISASI PERANAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP N 3 MLATI. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI PERANAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP N 3 MLATI)
file tugas akhir BAB I dan BAB Terakhir.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI PERANAN GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP N 3 MLATI)
file tugas akhir BAB II, BAB III, dan BAB IV-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Riduwan (17204011103). Optimalisasi Peranan Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP N 3 Mlati, Tesis, Yogyakarta, Magister Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Keterlibatan guru sebagai unsur pelaksana langsung dan pelaku utama dalam proses pendidikan di sekolah berhadapan dengan berbagai perubahan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat. Peran guru dalam penguatan pendidikan karakter melihat pelaksanaan guru dalam membimbing siswanya untuk menumbuhkan karakter dalm segi religiusitas. Selain itu guru juga harus mampu menumbuhkan motivasi dengan baik, setiap kegiatan yang telah dilaksanakan di sekolah. Peningkatan motivasi siswa merupakan tujuan yang sangat penting dalam penguatan karakter siswa. Karena merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan pembelajaran dan bentuk perhatian yang mengandung unsur-unsur perasaan terhadap suatu yang dikaitkan dengan tujuan hidup siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penilitian lapangam (field research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Etnometodologi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru SMP N 3 Mlati. Penelitian ini yang dapat dijadikan objek material adalah karakter religiusitas Siswa SMP N 3 Mlati dan objek formalnya adalah Peranan Guru dalam penguatan pendidikan karakter religiusitas pada motivasi belajar. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan Observasi Partisipatif, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi datar. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan guru dalam penguatan pendidikan karakter religiusitas terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 3 Mlati adalah perencanaan yang matang dan berkerjasama dengan seluruh stakeholder sekolah, peran guru menguatkan religiusitas dengan sebagai pendamping, sebagai model atau suri tauladan, sebagai pengamat, pengajar, motivator, pendorong kesadaran, mengelola kelas. Semua peranan itu dilakukan untuk memberikan yang terbaik dan menumbuhkan motivasi dalam pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan sekolah dalam menguatkan karakter religiusitas siswa antara lain: kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kegiatan terprogam. Kemudian upaya peranan guru dalam memotivasi siswa dilakukan dalan dua faktor, yakni: motivasi di dalam kelas dan motivasi di luar kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Suyadi S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru, Karakter Religiusitas, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:40
Last Modified: 16 Dec 2020 07:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41459

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum