Al Akhta' Al Sarfiyyah Wa Al Nahwiyyah Fi Muhadasati Al Lugah Al Arabiyyah Al Yaumiyyah Li Talibi Al Ma'had Al Mu'min Ngruki

Ahmad Fendi Rosyadi, NIM. 14110030 (2020) Al Akhta' Al Sarfiyyah Wa Al Nahwiyyah Fi Muhadasati Al Lugah Al Arabiyyah Al Yaumiyyah Li Talibi Al Ma'had Al Mu'min Ngruki. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Al Akhta' Al Sarfiyyah Wa Al Nahwiyyah Fi Muhadasati Al Lugah Al Arabiyyah Al Yaumiyyah Li Talibi Al Ma'had Al Mu'min Ngruki)
14110030_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Al Akhta' Al Sarfiyyah Wa Al Nahwiyyah Fi Muhadasati Al Lugah Al Arabiyyah Al Yaumiyyah Li Talibi Al Ma'had Al Mu'min Ngruki)
14110030_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi banyak ditemukan pemakaian bahasa Arab oleh santri PP. Al-Mukmin Ngruki Solo mengucapkan bahasa Arab secara asal (tidak sesuai kaidah bahasa Arab), karena untuk menghindari hukuman, sehingga muncul beberapa kata kesalahan dalam susunan bahasa yang mereka gunakan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji dan meneliti lebih mendalam mengenai kesalahan berbahasa santri yang mereka gunakan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka dengan mengkaji segala macam literature yang berkenaan dengan Ilmu Morfosintaksis. Adapun analisis yang digunakan yaitu analisis kesalahan yang merupakan kajian Ilmu linguistik. Dalam analisis ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelusuran dari data primer didapati kesalahan- kesalahan morfologi dan sintaksis dalam berkomunikasi bahasa Arab sehari-hari pada santri PP. Al-Mukmin Ngruki sebagai berikut: 1. Kesalahan-kesalahan dalam berkomunikasi bahasa Arab sehari- hari pada santri PP. Al-Mukmin Ngruki di bidang morfologi adalah (c) kurang afiks dalam noun/isim, (d) salah pilih, dan (e) 2. Kesalahan-kesalahan dalam berkomunikasi bahasa Arab sehari- hari pada santri PP. Al-Mukmin Ngruki di bidang sintaksis terjadi di ranah frasa, klausa dan kalimat sebagai berikut : a. Kesalahan- kesalahan di ranah frasa dalam berkomunikasi bahasa Arab sehari- hari pada santri PP. Al-Mukmin Ngruki adalah: 1) penghilangan taktakrif. b. Kesalahan-kesalahan di ranah klausa dalam berkomunikasi bahasa Arab sehari-hari pada santri PP. Al-Mukmin Ngruki adalah: 1) salah pilih, 2) penggunaan unsur yang berlebihan, dan 3) penggunaan istilah asing. c. Kesalahan- kesalahan di ranah kalimat dalam berkomunikasi bahasa Arab sehari-hari pada santri PP. Al-Mukmin Ngruki adalah: 1) penambahan atau pengumpulan/ az-ziyadah, 2) penghilangan/ al- hazf, 3) penggantian posisi DW-tartib, dan 4) penggantian unsur/ al-ihlal. Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan- kesalahan morfologi dan sintaksis dalam berkomunikasi bahasa Arab sehari-hari pada santri PP. Al-Mukmin Ngruki berupa interlingual, intralingual, konteks pembelajaran, dan strategi komunikasi. Kata Kunci: Kesalahan komunikasi dan Morfosintaksis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Pribadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kesalahan komunikasi dan Morfosintaksis
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Dec 2020 11:12
Last Modified: 21 Dec 2020 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41619

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum