Harf La isti'maluhu wa i'rabuhu fi kitab mafahim yajibu an tashaha li Syaykh al Sayyid Muhammad Ibn 'Alawy al Maliky al Hasany (dirasah tahliliyyah nahwiyyah)

Ahmad Amiruddin, NIM. 15110081 (2020) Harf La isti'maluhu wa i'rabuhu fi kitab mafahim yajibu an tashaha li Syaykh al Sayyid Muhammad Ibn 'Alawy al Maliky al Hasany (dirasah tahliliyyah nahwiyyah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
15110081_AHMAD-AMIRUDDIN_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
15110081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kalimat dalam bahasa arab terbentuk dari beberapa kata. Adakalanya isim, fi’il maupun huruf. Adapun huruf sangat banyak sekali, dan terkadang sulit untuk membedakan jenis, faidah serta ‘amal dari satu bentuk huruf saja. Oleh karenannya, skripsi ini akan meneliti salah satu huruf yaitu La yang terdapat dalam kitab Mafahimu Yajibu an Tusahhaha. Judul skripsi ini adalah Harfu Lasti’malahu wa I’rabuhu fi Kitabi Mafahima Yajibu an Tusahhaha Lisy-syaikhi as-Sayyidi Muhammad bin ‘Alawiy al-Malikiy al-Hasaniy (Studi analisis nahwu). Hal ini berdasarkan pada banyaknya penggunaan huruf La dalam kitab tersebut. Kitab Mafahimu Yajibu an Tusahhaha merupakan kitab tandingan atau bantahan terhadap kitab Hiwar ma’a al-Malikiy li Raddi Munkaratihi wa Dalalatihi yang dikarang oleh Syaikh Sulaiman al-Mani’ setelah adanya dialog antara As-Sayyid Muhammad bin ‘Alawy Al-Maliki Al- Hasani dengan ulama Wahabi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegunaan,‘amal serta i’rab dari huruf la yang terdapat dalam kitab Mafahimu Yajibu an Tusahhaha. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data yang ada di ruang perpustakaan seperti buku, jurnal ilmiah, skripsi, tesis, dan materi lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian adalah terdapat beberapa huruf kegunaan serta - l tersendiri serta ada yang tidak ‘amal sehingga adakalanya berimbas pada sebelum dan setelahnya Kata Kunci: Huruf la , Mafahimu Yajibu an Tusahhaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Mohammad Pribadi, MA., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Huruf la , Mafahimu Yajibu an Tusahhaha.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Dec 2020 09:36
Last Modified: 23 Dec 2020 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41667

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum