Pengajaran Bahasa Arab di Jurusan Bahasa MAN Wonokromo Yogyakarta (sebuh Tinjauan dari Segi Metode)

PONCO SUPRIYO, NIM.: 00420421 (2004) Pengajaran Bahasa Arab di Jurusan Bahasa MAN Wonokromo Yogyakarta (sebuh Tinjauan dari Segi Metode). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pengajaran Bahasa Arab di Jurusan Bahasa MAN Wonokromo Yogyakarta (sebuh Tinjauan dari Segi Metode))
00420421_BAB I_IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Pengajaran Bahasa Arab di Jurusan Bahasa MAN Wonokromo Yogyakarta (sebuh Tinjauan dari Segi Metode))
00420421_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di lemabaga dan madrasah yang bercirikan dari tingkat dasar, menengah sampai tingkat perguruan tinggi. Bahkan pada saat ini banyak sekali sekolah-sekolah/madrasah yang membuka program khusus untuk mempelajari dan mendalami Bahasa Arab, seperti halnya jurusan Bahasa di MAN Wonokromo. Proses pengajaran Bahasa Arab diperlukan metode yang tepat dan cocok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan di jurusan Bahasa; mengetahui apakah metode yang diterapkan relevan dengan tujuan yang dirumuskan; mengetahui penguasaan guru terhadap metode yang digunakan, mengetahui efektivitas pengajaran Bahasa Arab di jurusan Bahasa MAN Wonokromo; dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan pengajaran Bahasa Arab di kelas 3 jurusan Bahasa MAN Wonokromo. Subyek penelitian ini adalah siswa jurusan MAN Bahasa MAN Wonokromo. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah : 1) Metode yang digunakan guru di jurusan Bahasa adalah membaca, bercakap-cakap, dan qowaid. 2) Efektivitas pengajaran Bahasa Arab di jurusan Bahasa dalam kategori cukup efektif 3) Faktor pendukung pengajaran Bahasa Aran adalah situasi dan kondisi madrasah, les tambahan, jumlah siswa yang terbatas, siswa sudah mempunyai dasar Bahasa Arab, siswa mempunyai minat yang tinggi, alokasi waktu yang cukup untuk mata pelajaran Bahasa Arab. Faktor penghambatnya adalah kesenjangan pengetahuan Bahasa Arab antar siswa, terbatasnya sarana pengajaran,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Arab; metode pengajaran; Guru Bahasa Arab; MAN Wonokromo
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri astuti astuti astuti
Date Deposited: 06 Jun 2021 21:59
Last Modified: 06 Jun 2021 21:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum