PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS TEKNOLOGI SMARTPHONE MICROSCOPE DAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) SEBAGAI UPAYA PEINGKATAN KREATIVITAS SISWA MADRASAH

Dian Noviar, - (2018) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS TEKNOLOGI SMARTPHONE MICROSCOPE DAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) SEBAGAI UPAYA PEINGKATAN KREATIVITAS SISWA MADRASAH. Project Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS TEKNOLOGI SMARTPHONE MICROSCOPE DAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) SEBAGAI UPAYA PEINGKATAN KREATIVITAS SISWA MADRASAH)
PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS TEKNOLOGI SMARTPHONE MICROSCOPE DAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) SEBAGAI UPAYA PEINGKATAN KREATIVITAS SISWA MADRASAH.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1614374992.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul biologi berbasis teknologi smartphone microscope dan kawasan rumah pangan lestari pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan kreativitas IPA biologi siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah dan mengetahui kualitas produk serta respon siswa terhadap modul IPA biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Kualitas modul dinilai reviewer, 5 peer reviewer, dan 2 orang guru IPA biologi. Uji coba terbatas dilakukan oleh 15 orang siswa MTs N 9 Bantul. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk modul IPA biologi berbasis teknologi smartphone microscope dan konsep kawasan rumah pangan lestari yang dikembangkan dengan model ADDIE termasuk kategori sangat baik berdasarkan hasil penilaian keseluruhan reviewer, peer reviewer, dan guru IPA biologi yang ditunjukkan dengan persentase keidealan secara berurutan sebesar 98%, 96%, 89%, dan 95%. Selain itu, respon siswa terhadap produk modul IPA biologi termasuk kategori sangat baik dengan persentase sebesar 83,74%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Modul, Smartphone Microscope, KRPL
Subjects: Biologi
Pendidikan
Sains
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 27 Feb 2021 04:41
Last Modified: 28 Oct 2021 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum