BERTAHAN BERSAMA TRADISI DI TENGAH MODERNISASI STUDI KASUS: RITUAL SEREN TAUN DI KASEPUHAN CISUNGSANG KAB. LEBAK-BANTEN

Lian Ahmad Fauzi, NIM.: 15230080 (2020) BERTAHAN BERSAMA TRADISI DI TENGAH MODERNISASI STUDI KASUS: RITUAL SEREN TAUN DI KASEPUHAN CISUNGSANG KAB. LEBAK-BANTEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BERTAHAN BERSAMA TRADISI DI TENGAH MODERNISASI STUDI KASUS: RITUAL SEREN TAUN DI KASEPUHAN CISUNGSANG KAB. LEBAK-BANTEN)
15230080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BERTAHAN BERSAMA TRADISI DI TENGAH MODERNISASI STUDI KASUS: RITUAL SEREN TAUN DI KASEPUHAN CISUNGSANG KAB. LEBAK-BANTEN)
15230080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kasepuhan Cisungsang merupakan salah satu desa yang masih melestarikan ritual seren taun. Kepercayaan terhadap titipan dari karuhun ini yang melandasi budaya seren taun. Sejalan dengan kepercayaan, masyarakat Kasepuhan Cisungsang cenderung cepat beradaptasi dengan berbagai perubahan zaman dan modernisasi yang ada. Berdasarkan fenomena tersebut penulis merumuskan tiga rumusan masalah yakni seberapa kuat ritual seren taun ini menjadi fungsi pengikat di tengah perubahan sosial yang ada? Kedua, siapa saja para pendukung utama ritual seren taun ? ketiga apa saja implikasi sosial budaya dalam penyelenggaraan ritual seren taun?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fungsi pengikat sekaligus identitas budaya seren taun, mengetahui siapa saja pendukung ritual seren taun dan mendeskripsikan implikasi sosial budaya yang terdapat dalam seren taun kasepuhan cisungsang. Penelitian in menggunakan teori utama dari Emil Durkheim yakni solidaritas mekanis dan dua teori soejono soekanto mengenai peran dan status sosial Metode penelitian ini menggunakandeskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dan data, serta dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan masyarakat Kasepuhan Cisungsang sangat erat terhadap titipan. Seren taun merupakan salah satu dari perwujudan ritual menghormati nenek moyang, menghargai alam, mensyukuri hasil bumi, memperbaiki kesalahan dan munajat lain yang mengandung harapan dan doa untuk hari yang akan datang. Maka sejauh apapun perubahan sosial dan modernisasi tidak akan menggerus kepercayaan mereka karna bagi mereka modernisasi hanyalah penunjang kebutuhan manusia, Fungsinya bukan untuk mengubah atau menggeseradat istiadat dan budaya, namun untuk mempermudah akses dan fasilitas kebutuhan sehari-hari saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Ritual Seren Taun, Tradisi Masyarakat, Upacara Adat
Subjects: Islam dan Tradisi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 31 Mar 2021 15:01
Last Modified: 13 Dec 2022 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42217

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum