KESIAPAN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PENGELOLA KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) DAN PEMERINTAH DI NTB (Studi Kasus Pada KEK Mandalika di desa Kuta Pujut Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat)

Lalu Fariz Aldi Wavie, NIM.: 16250049 (2020) KESIAPAN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PENGELOLA KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) DAN PEMERINTAH DI NTB (Studi Kasus Pada KEK Mandalika di desa Kuta Pujut Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (m: KESIAPAN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PENGELOLA KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) DAN PEMERINTAH DI NTB (Studi Kasus Pada KEK Mandalika di desa Kuta Pujut Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat))
16250049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (m: KESIAPAN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN PENGELOLA KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) DAN PEMERINTAH DI NTB (Studi Kasus Pada KEK Mandalika di desa Kuta Pujut Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat))
16250049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan KEK Mandalika dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Kuta yang ditandai dengan perbaikan di segala bidang. Kesiapan adalah hal penting yang harus dipersiapkan oleh masyarakat desa Kuta apabila ingin ikut terjun kedalam KEK Mandalika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan masyarakat desa Kuta dan hambatan – hambatan dalam kesiapan masyarakat desa Kuta terhadap pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang terletak di desa Kuta kecamatan Pujut kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data hasil penelitian kualitatif – deskriptif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling termasuk dalam subjek penelitian ini adalah pihak ITDC, kepala desa Kuta, ketua adat Sasak dan masyarakat desa Kuta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari proses analisis data tersebut penelitian ini menunjukkan beberapa hal: (1) Kesiapan masyarakat desa Kuta terlihat dari partisipasi masyarakat desa Kuta dalam mengikuti program – program yang diberikan oleh ITDC dan pemerintah desa Kuta untuk menyiapkan masyarakat desa Kuta agar dapat terjun ke KEK Mandalika dengan memberikan: (a) Pembekalan, (b) Pelatihan untuk menjadi marshal dan volunteer Moto GP, (c) dan Pelatihan – pelatihan, (2) Perubahan sosial terlihat terjadi di masyarakat desa Kuta setelah mengikuti program – rogram yang diberikan oleh ITDC dan pemerintah desa Kuta dengan melihat faktor – faktor perubahan sosial seperti: (a) Keinginan masyarakat untuk memperbaiki hidupnya, (b) Sikap terbuka terhadap masyarakat lain, (c) dan Keinginan masyarakat untuk maju, (3) Faktor penghambat kesiapan masyarakat desa Kuta adalah: (a) Pola pikir masyarakat yang berbeda, (b) Permasalahan pembebasan tanah, (c) dan masyarakat desa Kuta tidak pernah dibimbing untuk menjadi pemimpin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: perubahan masyarakat, perekonomian
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 11 Jun 2021 14:10
Last Modified: 11 Jun 2021 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum