HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2009/2010

IRTIFAH - NIM. 05450013, (2010) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta 1 Tahun Ajaran 2009/2010. Hubungan ini dapat dilihat secara sendiri-sendiri yaitu; minat belajar dengan prestasi belajar biologi dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar biologi, maupun secara bersama-sama yaitu; minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Yogyakarta 1 yang terdiri dari 2 kelas dengan total 72 siswa. Seluruh populasi dijadikan sampel. Data tentang minat belajar dan lingkungan belajar dikumpulkan melalui teknik angket, sedangkan data tentang prestasi belajar biologi siswa dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Validasi dan reliabilitas data dilakukan melalui product moment dan alpha cronbach. Untuk mengetahui hubungan antar variabel, data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi dua prediktor. Sebelum analisis regresi terlebih dahulu dilakukan uji asumsi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara minat belajar secara sendiri-sendiri dengan prestasi belajar biologi yang ditunjukkan oleh (ry1-2) sebesar 0,219 dengan p 0,05. Tidak ada hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar secara sendiri-sendiri dengan prestasi belajar biologi yang ditunjukkan oleh (ry2-1) sebesar -0,023 dengan p 0,05. Tidak ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar biologi yang ditunjukkan oleh koefisien regresi (Ry(1,2)) sebesar 0,218 dengan koefisien determinasi (R2 y(1,2)) sebesar 0,020 dan p 0,05. Dengan demikian minat belajar dan lingkungan belajar siswa, keduanya bukanlah faktor utama yang mempengaruhi prestasi belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Paidi, M. Si,
Uncontrolled Keywords: minat belajar, lingkungan belajar, dan prestasi belajar biologi siswa
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 30 Aug 2012 20:12
Last Modified: 13 Dec 2016 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum