CONTENT CREATOR DAN KOMODIFIKASI: Tinjauan Konsep Alienasi Marxian di Era Kapitalisme Digital

Siti Ernawati, NIM.: 13720029 (2020) CONTENT CREATOR DAN KOMODIFIKASI: Tinjauan Konsep Alienasi Marxian di Era Kapitalisme Digital. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CONTENT CREATOR DAN KOMODIFIKASI: Tinjauan Konsep Alienasi Marxian di Era Kapitalisme Digital)
13720029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (CONTENT CREATOR DAN KOMODIFIKASI: Tinjauan Konsep Alienasi Marxian di Era Kapitalisme Digital)
13720029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kehadiran content creator dalam industri kreatif kian diminati seiring perkembangan kapitalisme digital. Pengaruh dari relasi produksi di dunia maya mempunyai konsekuensi terhadap relasi sosial seorang content creator terutama atas penerapan konsep alienasi dalam konteks industri digital. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perkembangan ekonomi digital terutama terkait dengan persoalan praktik-praktik komodifikasi konten yang kian melimpah serta sejauh mana alienasi terjadi pada kreator. Penelitian ini menggunakan konsep alienasi dari pemikiran Karl Marx. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan netnografi. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi online, yaitu membiarkan natural setting tanpa adanya campur tangan pihak yang sedang melakukan penelitian, dokumentasi secara online, dan wawancara online dilakukan dengan representasi masing-masing dari berbagai platform yaitu kreator youtube, instagram dan pinterest yang di perantarai oleh media dan jaringan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa creator dalam mode produksikonsumsi (prosumsi) berada di posisi yang dilematis, ia bisa menjadi audien pada saat tertentu dan ia juga bisa menjadi creator pada saat yang lain. Objek produksi yang dihasilkan tidak bisa ia kendalikan sepenuhnya, selebihnya kekuatan audien dan otomatisasi alogaritma yang bekerja. Konsekuensinya berpengaruh pada relasi sosial, hubungannya dengan objek yang di ciptakan hingga pada hubungan dengan dirinya sendiri. Ada beberapa konsep alenasi yang di kemukakan oleh Marx masih relevan jika terapkan dalam konteks ini. Namun ada yang perlu di perhatikan adalah tidak semua yang terjadi pada masa perkembangan produksi kapitalisme awal bisa di samakan dengan kapitalisme digital saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Achmad Uzair, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Content Creator, Kapitalisme Digital, Alienasi, Komodifikasi
Subjects: Media Sosial
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Jun 2021 14:52
Last Modified: 22 Jun 2021 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42540

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum