ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI PERSAMAAN KEADAAN GAS DAN TEORI KINETIK GAS DENGAN SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN TERBUKA

Zakia Mega Fitria Wati, NIM.: 15690049 (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI PERSAMAAN KEADAAN GAS DAN TEORI KINETIK GAS DENGAN SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN TERBUKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI PERSAMAAN KEADAAN GAS DAN TEORI KINETIK GAS DENGAN SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN TERBUKA)
15690049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI PERSAMAAN KEADAAN GAS DAN TEORI KINETIK GAS DENGAN SOAL PILIHAN GANDA BERALASAN TERBUKA)
15690049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA pada materi persamaan keadaan gas dan teori kinetik gas dengan soal pilihan ganda beralasan terbuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 64 siswa kelas XI MIPA di MAN 4 Bantul. Teknik pengumpulan data dengan tes. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda beralasan terbuka sebanyak 24 soal dengan tipe soal C1 s.d C6. Data yang dikumpulkan dianalisis berdasarkan pilihan ganda beralasan terbuka dengan analisis soal tes diagnostik three tier test. Hasil dari penelitian ini adalah: Pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA di MAN 4 Bantul dengan kategori paham konsep pada materi persamaan keadaan gas dan teori gas masuk dalam kategori sedang, yaitu siswa kurang menguasai konsep persamaan keadaan gas dan teori kinetik gas dengan persentase sebesar 35,27% , kategori tidak paham konsep siswa sedang dengan persentase sebesar 47,73% sedangkan kategori miskonsepsi sebesar 10,25%, flash positive sebesar 6,75% dan flash negative sebesar 0%. Pemahaman konsep dengan kategori tidak paham konsep tertinggi terdapat pada kemampuan tipe soal C4 yaitu sebesar 63,63%. Berdasarkan penelitian didapatkan kemampuan siswa dalam C1, C2, dan C4 dengan masing-masing tingkat siswa dalam mengingat, memahami dan menganalisis masih rendah. Pada kemampuan siswa C3, C5, dan C6 yaitu kemampuan proses kognitif siswa dalam menerapkan, menilai dan menciptakan didapatkan dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Dr. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, persamaan keadaan, teori kinetik gas
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 24 Jun 2021 15:59
Last Modified: 24 Jun 2021 15:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42565

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum