KONSEP PENDIDIKAN ISLAM KI HAJAR DEWANTARA DALAM NOVEL SANG GURU DAN KH AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL DAHLAN KARYA HAIDAR MUSYAFA

Sidiq Wahyu Oktavianto, NIM.: 14410176 (2020) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM KI HAJAR DEWANTARA DALAM NOVEL SANG GURU DAN KH AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL DAHLAN KARYA HAIDAR MUSYAFA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM KI HAJAR DEWANTARA DALAM NOVEL SANG GURU DAN KH AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL DAHLAN KARYA HAIDAR MUSYAFA)
14410176_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM KI HAJAR DEWANTARA DALAM NOVEL SANG GURU DAN KH AHMAD DAHLAN DALAM NOVEL DAHLAN KARYA HAIDAR MUSYAFA)
14410176_BAB-II_sanpai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari umat manusia. Pendidkan Islam yang memiliki siri khas yang kemudian berkembang di seluruh dunia memiliki porsinya sendiri. Sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia berlangsung sejak awal tahun 1900an dimana di awali oleh dua tokoh pembaharuan yaitu KH Ahmad Dahlan yang merupakaan tokoh pembaharuan Islam di Inodnesia yang menggunakan pendidikan sebagai awal perjuangannnya. Dengan mendirikan Muhammadiyah ia kemudian mengembangkan pendidikan lebih luas. Kedua Ki Hadjar Dewantara sebaga tokoh pembaharuan pendidikan dengan Tamansiswanya. Kisah perjalanan dan perjuangan kedua tokoh ditulis dalam sebuah novel biografi oleh seorang penullis bernama Haidar Musyafa, Ki hajdar di tulis dalam novel berjudul Sang Guru dan KH Ahmad Dahlan ditulis dalam novel berjudul Dahlan. Kedua tokoh memiliki konsep pendidikan Islam masing-masing yang mereka terapkan di lembaga pendidikannya masing-masing. Untuk itu konsep pendidikan dari masing-masing tokoh ini menarik untuk di bahas. Oleh karena itu perlu adanya penelitian konsep pendidikan Islam Ki Hadjar Dewantara yang ada dalam novel Sang Guru dan KH Ahmad Dahlan dalam novel Dahlan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research). Dengan menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpukan data dalam dokumendokumen, dokumen yang kuat dalam penelitian ini adalah novel Sang Guru dan novel Dahlan. Analisi data menggunakan deskriptif kualittatif dan komparasi antara kedua konsep dari kedua tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan konsep Pendidikan Islam Ki Hadjar Dewantara dan KH Ahmad Dahla. Mencari persamaan dan perbedaan dari kedua tokoh tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) secara garis besar konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang di terapkan dalam Tamansiswa mengadopsi konsep pendidikan dari barat semasa ia diasingkan di Belanda, akan tetapi di dalamnya dicampur dengan nilai-nilai keislaman, sehingga nilai-nilai pendidikan Islam ada dalam pendidikan Ki Hadjar Dewantar, 2) Konsep pendidikan Islam KH Ahmad Dahlan, sejak awal KH Ahmad Dahlan dalam menjalankan pendidikannya memang berlandaskan dengan pendidikan Islam, yang kemudian pendidikan Islam itu ia tambahkan dengan pendidikan barat seperti yang ia dapatkan ketika mengajar dei sekolah milik Gubernemen Hindia Belanda, 3) dari hasil perbandingan konsep pendidikan Islam kedua tokoh tersebut, terdapat beberapa kesamaan dan perbedaan dalam konsep pendidikan Islam kedua tokoh tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Pemikiran Tokoh
Subjects: Islam dan Pemikiran
ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 29 Jun 2021 12:53
Last Modified: 29 Jun 2021 12:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42599

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum