OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN DENGAN METODE LINEAR PROGRAMMING PADA CV. PUSAT PENGOLAHAN KELAPA TERPADU

Thoirul Firdaus, NIM.: 14660009 (2020) OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN DENGAN METODE LINEAR PROGRAMMING PADA CV. PUSAT PENGOLAHAN KELAPA TERPADU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN DENGAN METODE LINEAR PROGRAMMING PADA CV. PUSAT PENGOLAHAN KELAPA TERPADU)
14660009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN DENGAN METODE LINEAR PROGRAMMING PADA CV. PUSAT PENGOLAHAN KELAPA TERPADU)
14660009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

CV. Pusat Pengolahan Kelapa Terpadu adalah sebuah UMKM yang bergerak dibidang pengelolaan kelapa. Proses perencanaan produksi merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempertahankan daya saing mereka agar dapat mempertahankan eksistensi perusahaan tersebut. Maka dari itu, CV. Pusat Pengolahan Kelapa Terpadu perlu menentukan proses perencanaan produksi yang optimal agar mereka mendapatkan keuntungan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan produksi yang maksimal di CV. Pusat Pengolahan Kelapa Terpadu sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal. Selain itu, tujuan dari penelitian ini juga adalah untuk mengetahui kombinasi produk Virgin Coconut Oil (VCO) kemasan 120 ml dan 250 ml, Minyak Goreng kemasan 1 L dan 5 L, dan Asap Cair kemasan 1 L dan 5 L. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Linear Programming dan juga software CPLEX. Berdasarkan hasil penelitian tersebut didapatkan jumlah produk yang harus diproduksi setiap bulannya adalah produk VCO 120 ml sebanyak 224 pcs, VCO 250 ml sebanyak 300 ml, minyak goreng 1 L sebanyak 1.367 pcs, minyak goreng 5 L sebanyak 20 pcs, asap cair 1 L sebanyak 3 pcs, dan asap cair 5 L sebanyak 86 pcs. Selain itu, juga didapatkan nilai keuntungan optimal sebesar Rp 25.651.200,- perbulan atau lebih optimal Rp 1.923.300,- dibandingkan dengan keuntungan rata-rata periode sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwi Agustina Kurniawati., S.T., M.Eng., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Linear Programming, Laba
Subjects: Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 14 Jul 2021 15:34
Last Modified: 14 Jul 2021 15:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum