GERAKAN SOSIAL PROGRESIF DALAM MELESTARIKAN IKAN ENDEMIK PADA KOMUNITAS WILD WATER INDONESIA KOORDINASI LAPANGAN YOGYAKARTA

Muh. Yusuf, NIM.: 13720028 (2020) GERAKAN SOSIAL PROGRESIF DALAM MELESTARIKAN IKAN ENDEMIK PADA KOMUNITAS WILD WATER INDONESIA KOORDINASI LAPANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GERAKAN SOSIAL PROGRESIF DALAM MELESTARIKAN IKAN ENDEMIK PADA KOMUNITAS WILD WATER INDONESIA KOORDINASI LAPANGAN YOGYAKARTA)
13720028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN SOSIAL PROGRESIF DALAM MELESTARIKAN IKAN ENDEMIK PADA KOMUNITAS WILD WATER INDONESIA KOORDINASI LAPANGAN YOGYAKARTA)
13720028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia sebagai negara yang memiliki sumber daya ikan yang besar dan beragam. Ikan endemik merupakan ikan yang hanya ada disuatu wilayah tertentu, ikan endemik untuk beberapa spesies sudah dalam kondisi teranam punah. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal seperti sungai yang tercemar, pengambilan ikan dengan cara yang merusak ekosistem ikan seperti penggunaan obat, listrik atau strum ikan dan adanya ikan-ikan invansive yang menjadi predator bagi ikan endemik. Keadaan di atas mendorong lahirnya gerakan sosial progresif yang dilakukan Komunitas Wild Water Indonesia dalam melestarikan ikan endemik yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Komunitas Wild Water Indonesia dalam melestarikan ikan endemik yang ada di Yogyakarta dan apa manfaat Komunitas Wild Water Indonesia bagi organisasi dan masyarakat. Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis dengan teori Talcott Parson. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif yang memaparkan fenomena social yang ada di masyarakat. Pengeumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian Komunitas Wild Water Indonesia lahir di dalam masyarakat untuk melestarikan ikan endemic dengan dua upaya yaitu pencegahan dan penanganan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos, M.A
Uncontrolled Keywords: Wild Water Indonesia (WWI); benih ikan; daerah aliran sungai
Subjects: Lingkungan
Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Jul 2021 09:23
Last Modified: 14 Jul 2021 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum