PERAN BERMAIN MUSIK ANGKLUNG DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK STAR KIDS

Tsania Nada Aslikha, NIM.: 16430018 (2020) PERAN BERMAIN MUSIK ANGKLUNG DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK STAR KIDS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BERMAIN MUSIK ANGKLUNG DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK STAR KIDS)
16430018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN BERMAIN MUSIK ANGKLUNG DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK STAR KIDS)
16430018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berkenaan dengan sistem pendidikan di indonesia yang masih menganggap bahwa tolok ukur kecerdasan adalah pada bidang akademik saja. Permasalahan ini muncul dengan adanya seni yang masih dianggap dunia lain bagi pendidikan di indonesia. Lembaga pendidikan maupun orang tua banyak yang menganggap bahwa anak yang sukses adalah anak yang pintar dalam bidang akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja peran, implikasi serta faktor penghambat dan pendukung kegiatan bermain musik angklung dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini di TK Star Kids. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran bermain musik angklung dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini karena mampu menanamkan nilai-nilai sosial diantaranya yaitu: nilai kerjasama, toleransi, kemandirian dan tanggungjawab. 2) Implikasi kegiatan bermain musik angklung dalam mengembangkan keterampilan sosial anak dapat dilihat dari proses awal kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi berlangsungnya kegiatan bermain musik angklung. 3) Faktor pendukung kegiatan bermain musik angklung dari segi internal yaitu : anak mudah mengikuti, dukungan wali murid, sarana dan prasarana memadai, pelatih dan strategi pembelajaran yang diterapkan, sedangkan dari segi eksternal yaitu masyarakat, pemerintah, lomba-lomba serta peran sosial media. Faktor penghambatnya yaitu: biaya dan jumlah anak serta kemampuan anak yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.
Uncontrolled Keywords: musik angklung; taman kanak-kanak; kemandirian; bermain
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 23 Jul 2021 11:54
Last Modified: 23 Jul 2021 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42948

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum