PEMBELAJARAN LURING DAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BERBAH 2 DI MASA PANDEMI COVID-19

Syalisya Putri Istiqomah Addina, NIM.: 16480047 (2020) PEMBELAJARAN LURING DAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BERBAH 2 DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN LURING DAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BERBAH 2 DI MASA PANDEMI COVID-19)
16480047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN LURING DAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BERBAH 2 DI MASA PANDEMI COVID-19)
16480047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya pandemi covid-19 yang membuat pemerintah memberi kebijakan tentang pembelajaran di sekolah ditidiakan dan mengganti pembelajaran dirumah dengan pembelajaran daring (dalam jaringan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan pembelajaran luring dan daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Berbah 2 di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah studi komparasi dengan menggunakan desain penelitian ex post facto. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV dengan siswa sebanyak 61 yang terdiri dari dua kelas A sebanyak 31 siswa dan B 30 siswa, sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dengan menggunakan uji satu sampel kolmogorov (One Sample Kolmogorov-Smirnov) menggunakan bantuan program SPSS. Dengan hasil uji diperoleh nilai sig. hasil belajar luring 0,200 dan nilai sig. hasil belajar online 0,200. Menunjukkan bahwa data berdistrubusi normal. Uji hipotesis hasil penelitian ini pada data hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan uji Paired Sample Test diperoleh dengan nilai sig. 0,000 yang menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pebedaan antara saat pembelajaran luring dan daring terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Berbah 2 di masa pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Izzatin Kamala, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Luring, PembelajaranDaring, Hasil Belajar, Pandemi
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 23 Jul 2021 13:28
Last Modified: 23 Jul 2021 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum