NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN MUHAMMAD AL-FATIH DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Dwi Afriyanto, NIM.: 16410072 (2020) NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN MUHAMMAD AL-FATIH DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN MUHAMMAD AL-FATIH DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
16410072_BAB I_BAB IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN MUHAMMAD AL-FATIH DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
16410072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masih rendahnya kompetensi kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam menyebabkan tidak maksimalnya kegiatan pembelajaran yang efektif. Guru Pendidikan Agama Islam hanya menjalankan peran-peran dalam kegiatan pembelajaran di ruang kelas semata tanpa berpartisipasi lebih luas dalam lingkup satuan pendidikan. Selain itu, guru Pendidikan Agama Islam sering kali memposisikan sebagai guru biasa atau sama dengan guru mata pelajaran umum (non agama), hal tersebut menyebabkan hilangnya tokoh pemimpin teladan dalam lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi nilai-nilai kepemimpinan Muhammad Al-Fatih dengan kompetensi kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode analisisnya adalah menggunakan metode analisis deskriptif untuk memperoleh sebuah kesimpulan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah karena penelitian ini mengkaji data-data yang terjadi pada masa lalu dengan menggunakan fakta-fakta historis. Hasil penelitian menunjukan bahwa relevansi nilai-nilai kepemimpinan Muhammad Al-Fatih dengan kompetensi kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam adalah seperti kemampuan membuat perencanaan dan prilaku akhlak mulia, pengorganisasian, inovatif, mampu menjadi motivator, fasilitator, pembimbing dan konselor serta mampu menjaga pembiasaan pengamalan ajaran agama Islam. Guru Pendidikan Agama Islam sudah seharusnya memiliki kompetensi kepemimpinan seperti yang dimiliki Muhammad Al-Fatih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nur Saidah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Kepemimpinan, Kepemimpinan Dalam Islam, Muhammad AL-Fatih, Kompetensi Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kepemimpinan Dalam Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:35
Last Modified: 26 Jul 2021 12:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum