PENGEMBANGAN WATAK (WAYANG KERTAS KIMIA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA

Friska Putri Normayanti, NIM.: 16670037 (2020) PENGEMBANGAN WATAK (WAYANG KERTAS KIMIA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN WATAK (WAYANG KERTAS KIMIA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA)
16670037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN WATAK (WAYANG KERTAS KIMIA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA)
16670037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan yang berhasil dalam pandangan Ki Hajar Dewantara adalah pendidikan yang tidak memisahkan masyarakat dari kebudayaan yang menjadi pedoman dalam melakukan tindakan. Pendidikan seharusnya berdasarkan pada kebudayaan tanpa menutup diri dari arus globalisasi. Globalisasi memberikan dampak negatif juga positif. Fenomena menyelesaikan masalah dengan kekerasan, kasus bullying merupakan tanda adanya krisis pada karakter dan moral peserta didik. Hal ini dikarenakan pendidikan memfokuskan pada aspek kognitif dan mengabaikan aspek moral. Salah satu upaya untuk mengatasi krisis moral melalui pembelajaran berbasis budaya yang lebih mengedepankan transfer of value sehingga mampu melahirkan generasi kompeten dan bermartabat. Mengintegrasikan pembelajaran dengan kearifan lokal wayang merupakan langkah tepat untuk memudahkan pemahaman pada materi ikatan kimia dan kearifan lokal yang diangkat. Hal ini dikarenakan wayang dinilai sebagai media yang cocok dengan kemasan berbeda dan sarat dengan nilai moral dan kehidupan yang menunjang pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangkan, menilai kualitas dan mengetahui hasil respon pengguna terhadap media WATAK. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan mengadaptasi model 4-D (define, design, develop and disseminate) yang dibatasi sampai pada tahap develop. Pengembangan WATAK (wayang kertas kimia) ini dibimbing oleh dosen pembimbing dan mendapat masukan dan saran oleh peer reviewer, ahli media, ahli materi dan ahli budaya. Penilaian dilakukan oleh 5 guru kimia SMA/MA dan direspon oleh 10 peserta didik yang telah mendapatkan materi ikatan kimia. Penilaian oleh guru kimia meliputi 7 aspek dan 15 indikator dengan menggunakan skala likert empat skala. Sedangkan, respon peserta didik menggunakan lembar penilaian respon dengan skala guttman. Hasil penelitian berupa data kualitatif yang ditabulasikan dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas WATAK sebagai media pembelajaran kimia. Produk penelitian pengembangan ini berupa WATAK (wayang kertas kimia) dalam materi pembelajaran ikatan kimia yang terdiri dari ikatan ion, ikatan kovalen tunggal, ikatan kovalen rangkap dua, ikatan kovalen rangkap tiga dan ikatan logam. Berdasarkan penilaian validasi ahli materi memperoleh kategori sangat baik dengan persentase keidealan 94,44%, sedangkan penilaian ahli media memperoleh kategori sangat baik dengan persentase keidealan sama yaitu 94,44%. Serta mendapatkan respon guru kimia SMA/MA dengan persentase keidealan 89% dengan kategori sangat baik dan respon 10 peserta didik mendapatkan persentase keidealan 85 % dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Zamhari, S.Pd,Si,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Wayang Kertas Kimia, IkatanKimia, Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 26 Jul 2021 13:07
Last Modified: 26 Jul 2021 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43062

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum