PEMBELAJARAN TAHFIZ SECARA DARING PADA PROGRAM TAKHAṢṢUṢ MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Oktia Permata Sari, NIM.: 13410008 (2020) PEMBELAJARAN TAHFIZ SECARA DARING PADA PROGRAM TAKHAṢṢUṢ MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN TAHFIZ SECARA DARING PADA PROGRAM TAKHAṢṢUṢ MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
13410008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN TAHFIZ SECARA DARING PADA PROGRAM TAKHAṢṢUṢ MI WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
13410008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa, pada era ini mengalami pandemik akibat virus covid-19 dimana social distancing diterapkan. Dampak bagi sektor pendidikan adalah tidak dapat terselenggaranya pembelajaran tatap muka. Sebagai solusinya pendidikan diselenggarakan secara daring. MI Wahid Hasyim Yogyakarta menyelenggarakan pembelajaran daring sejak 18 Maret 2020 dengan menggunakan media whatsapp, begitu pula pada pembelajaran tahfiz program Takhaṣṣuṣ yang mana program tahfiz merupakan program unggulan. Dan pembelajaran tahfiz program Takhaṣṣuṣ MI Wahid Hasyim Yogyakarta yang dilakukan secara daring menggunakan media video call whatsapp. Pembelajaran tahfiz adalah proses belajar mengajar dalam rangka menghafalkan Al-Qur‟an. Al-Qur‟an sendiri yakni wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril, tentunya dalam menghafalkannya dibutuhkan metode, tata cara dan proses pembelajaran tahfiz yang sesuai. Maka Al-Qur‟an yang dihafalkan sama dengan apa yang diturunkan kepada Nabi sehingga kesucian Al-Qur‟an tetap terjaga. Pada pembelajaran tahfiz dengan daring ini tentu berbeda dalam perencanaan, pelaksanaan, metode, tatacara dan evaluasinya, mengingat dalam pembelajaran daring interaksi siswa dan guru dilakukan melalui media. Selain itu pembelajaran tahfiz dengan daring melibatkan orangtua secara langsung sedangkan guru menjadi server dalam pembelajarannya. Tentunya pada pembelajaran yang dilaksanakan secara daring terdapat faktor pendukung dan penghambat, khususnya pada pembelajaran tahfiz daring program Takhaṣṣuṣ MI Wahid Hasyim Yogyakarta dimana pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Tahfiz secara Daring pada Program Takhaṣṣuṣ MI Wahid Hasyim Yogyakarta serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran dengan tahfiz daring pada Program Takhaṣṣuṣ MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MI Wahid Hasyim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kemudian diverifikasi lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, Pembelajaran Tahfiz secara Daring pada Program Takhaṣṣuṣ MI Wahid Hasyim Yogyakarta yaitu: (1) Pembelajaran Tahfiz secara Daring pada Program Takhaṣṣuṣ MI Wahid Hasyim Yogyakarta dilaksanakan dengan: pertama, perencanaan pembelajaran yang terdiri dari target dan metode yang digunakan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tahfiz; daring; pembelajaran hafalan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Aug 2021 10:57
Last Modified: 13 Aug 2021 10:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43298

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum