RINA HANIPAH MUSLIMAH NIM. 06470001, (2010) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TEKS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS X. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
|
Text (ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TEKS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS X)
BAB I,V.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TEKS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KELAS X)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
Bagi masyarakat Indonesia yang telah melewati reformasi, konsep masyarakat mutikultural bukan hanya sebuah wacana, atau sesuatu yang masih dalam bayangan. Tetapi,konsep ini adalah sebuah ideologi yang harus diperjuangkan. Dalam konteks ini, kita harus bersedia menerima kelompok lain secara sama sebagai kesatuan, tanpa mempedulikan perbedaan suku bangsa, agama, budaya, gender, bahasa, kebiasaan, ataupun kedaerahan.Multikultural memberi penegasan, bahwa segala perbedaan itu sama di dalam ruang publik. Fokus penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pentingnya pendidikan multikultural terintegrasi dalam teks mata pelajaran pendidikan agama Islam SMA kelas X dan menganalisa seberapa jauh teks mata pelajaran pendidikan agama Islam karya Syamsuri ini telah memuat pendidikan multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah metode deskriptif-analitik. Kemudian, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi. Pada skripsi ini, penulis menggunakan data primer yaitu teks mata pelajaran atau buku ajar quot;Pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas X karangan Syamsuri, dan sebagai data sekunder mengambil sumber informasi yang tidak langsung berkaitan dengan pokok bahasan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, urgensi mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam teks mata pelajaran pendidikan agama Islam;(1) Sebagai sarana alternatif pemecahan konflik, (2) Supaya siswa tidak tercerabut dari akar budaya, (3) Upaya untuk membangun sikap sensitif gender, (4) Membangun sikap anti diskriminasi etnis di sekolah,(5) Membangun sikap toleransi terhadap keberagaman inklusif, (6) Upaya minimalisasi konflik kepentingan. Kedua, terdapat muatan nilai-nilai pendidikan multikultural yang signifikan dalam teks mata pelajaran pendidikan agama Islam, hal ini dibuktikan dari total 12 bab materi pelajaran, hampir 8 bab mengandung muatan nilai-nilai pendidikan multikultural.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : M. Agus Nuryatno, MA, Ph.D. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan multikultural, |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Edi Prasetya [edi_hoki] |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 20:12 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 16:28 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4344 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |