UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CO-OP CO-OP DAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

TITIK SHOFIYANTI - NIM. 05430016, (2010) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CO-OP CO-OP DAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CO-OP CO-OP DAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CO-OP CO-OP DAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa dengan menggunakan metode co-op co-op dan strategi peninjauan kembali pada pembelajaran matematika siswa kelas XI IPA di MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA di MAN Pakem Sleman Yogyakarta yang berjumlah 21 orang. Objek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode co-op co-op dan strategi peninjauan kembali. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan, angket aktivitas dan kreativitas siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan dokumen. Validitas data yang digunakan yaitu validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, validitas katalik, dan validitas dialogik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode co-op co-op dan strategi peninjauan kembali dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa. Hasil analisis angket didapat persentase aktivitas siswa yang dilihat dari semua indikator aktivitas mengalami peningkatan. Siklus I sebesar 79,56%, siklus II sebesar 81,82% dan siklus III sebesar 86,11%. Aktivitas siswa dapat dilihat dari aktivitas dalam bertanya baik kepada guru maupun temannya apabila mengalami kesulitan, menjawab pertanyaan dari guru, mengerjakan soal-soal dengan diskusi sehingga menambah interaksi dengan temannya, mempresentasikan hasil kerja baik individu maupun kelompok, dan berpartisipasi aktif dengan kelompok dalam penyelesaian permasalahan. Kreativitas siswa yang dilihat dari semua indikator kreativitas juga mengalami peningkatan, yaitu siklus I sebesar 59,72%, siklus II sebesar 62,59% dan siklus III sebesar 66,25%. Kreativitas dapat dilihat dari kemampuan untuk menghasikan banyak gagasan, kemampuan untuk mengemukakan barmacam-macam pemecahan/pendekatan terhadap masalah, kemampuan untuk menemukan sesuatu, cenderung lebih menyukai tugas yang sulit, cenderung memberi jawaban yang lebih banyak, menanggapi pertanyaan yang diajukan, mempunyai banyak pertanyaan, dan mampu menguraikan sesuatu secara terperinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Sumaryanta, M.Pd, 2. Suparni, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Metode Co-op Co-op, Strategi Peninjauan Kembali, Aktivitas, dan Kreativitas.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Aug 2012 19:01
Last Modified: 14 Dec 2016 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum