PRAKTIK HIDUP ASKETIK AGAMA BUDDHA (Studi terhadap Praktik Asketik dan Nekkhama Umat Buddha di Vihara Buddha Prabha Yogyakarta)

PAIDILLAH, NIM. 15520014 (2020) PRAKTIK HIDUP ASKETIK AGAMA BUDDHA (Studi terhadap Praktik Asketik dan Nekkhama Umat Buddha di Vihara Buddha Prabha Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK HIDUP ASKETIK AGAMA BUDDHA (Studi terhadap Praktik Asketik dan Nekkhama Umat Buddha di Vihara Buddha Prabha Yogyakarta))
15520014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK HIDUP ASKETIK AGAMA BUDDHA (Studi terhadap Praktik Asketik dan Nekkhama Umat Buddha di Vihara Buddha Prabha Yogyakarta))
15520014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Asketik merupakan suatu perilaku atau pola kehidupan yang meninggalkan kemelekatan terhadap kenikmatan duniawi dan materi. Paham perilaku ini memandang bahwa kemelekatan terhadap kehidupan dunia ini dapat membelenggu dan menjadi penghalang bagi manusia dalam mencapai tingkatan kehidupan yang suci. Atas dasar inilah hendaknya menolak keinginan-keingingan terhadap materi dan duniawi agar mencapai moral yang luhur. Akan tetapi perilaku seperti ini tidak semua orang didunia ini bisa melakukannya hanya orang-orang yang orientasi kehidupan nya relegius, Anggapan Seperti ini Dibenarkan Oleh Orang Yang Belum Memahami Nekkhama Dalam Agama Buddha Khususnya Di Vihara Buddha Prabha Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jalan asketis sebagai upaya Pengendalian Diri Agar Terbebas Dari Dukkha serta mengungkap bentuk relasi antar umat Buddha khususnya di vihara buddha prabha. Jenis penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara langsung terjun ke objek penelitian. Dalam penelitian ini Penulis Mengunakan Perspektif Richard Valantasis Tentang Asketisme Dan Dale Cannon Tentang Cara Beragama Guna Untuk Menganalisis Permasalahan Yang Ada. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Asketisme Dalam Agama Buddha dipahami sebagai salah satu cara yang mampu untuk membebaskan manusia dari belenggu hawa nafsu dan materi, hal ini didasari bahwa sebagian besar masalah hidup disebabkan oleh kemelekatan terhadap duniawi, manusia gampang menjadi marah, cemas, tamak, dan masalah hidup lainnya yang disebabkan oleh problema yang diakibatkan oleh masalah hidup di dunia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Ahmad Singgih Basuki, M.A
Uncontrolled Keywords: Asketisme, perilaku, agama
Subjects: Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Sep 2021 11:02
Last Modified: 08 Sep 2021 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44027

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum