EKSPERIMENTASI METODE ḤAMIDI PADA PEMBELAJARAN KHAṪ SISWA KELAS IX SMP TAHFIDZQU YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

ANA SAFIRA NINGRUM, NIM : 16420048 (2020) EKSPERIMENTASI METODE ḤAMIDI PADA PEMBELAJARAN KHAṪ SISWA KELAS IX SMP TAHFIDZQU YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI METODE ḤAMIDI PADA PEMBELAJARAN KHAṪ SISWA KELAS IX SMP TAHFIDZQU YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI METODE ḤAMIDI PADA PEMBELAJARAN KHAṪ SISWA KELAS IX SMP TAHFIDZQU YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Ana Safira Ningrum. 16420048. Eksperimentasi Metode Ḥamidi dalam Pembelajaran Khaṫ pada Siswa Kelas IX SMP TahfidzQu Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis khaṫ dan metode pengajaran yang kurang efektif pada pembelajaran khaṫ siswa kelas IX SMP TahfidzQu. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode Ḥamidi dalam pembelajaran khaṫ yang bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses penerapan metode Ḥamidi pada pembelajaran khaṫ di SMP TahfidzQu Yogyakarta 2) Mengetahui perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Ḥamidi dan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode Ḥamidi pada pembelajaran khaṫ. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C sebagai kelas eksperimen dan kelas IX D sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui instrumen observasi, wawancara, pretest dan posttest, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t test dan independent sample t test dengan bantuan SPSS 25, setelah melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diterapkannya metode Ḥamidi sebesar 50,6. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebelum diberi perlakuan sebesar 53,5. Adapun rata-rata kelas eksperimen setelah diterapkan metode Ḥamidi menjadi 73,3 dan rata-rata kelas kontrol setelah diberi perlakuan sebesar 65,4. Dari hasil analisis uji T diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Artinya, metode Ḥamidi berpengaruh pada pembelajaran khaṫ. Kemudian nilai rata-rata n-Gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,47 termasuk dalam kategori tingkat efektifitas sedang. Sementara untuk nilai rata-rata N-Gain score pada kelas kontrol sebesar 0,26 termasuk dalam kategori tingkat efektif rendah. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Ḥamidi berpengaruh dalam pembeljaran khaṫ dan mampu meningkatkan keefektifitasan pembelajaran khaṫ siswa kelas IX SMP TahfidzQu Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhajir, S.Pd.I., M.SI
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran khaṫ, metode Ḥamidi, metode pembelajaran khaṫ.
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 13:14
Last Modified: 13 Sep 2021 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum