PENGARUH PROGRAM DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA SENDANGTIRTO KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN PROVINSI D.I. YOGYAKARTA

Muhammad Ridwan Syah, NIM.: 13350012 (2020) PENGARUH PROGRAM DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA SENDANGTIRTO KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN PROVINSI D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROGRAM DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA SENDANGTIRTO KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN PROVINSI D.I. YOGYAKARTA)
13350012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROGRAM DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA SENDANGTIRTO KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN PROVINSI D.I. YOGYAKARTA)
13350012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari pernikahan adalah untuk membentuk keluarga yang sakinah. Namun untuk mencapai tujuan tersebut membutuhkan usaha dan waktu yang panjang, tidak sedikit keluarga yang menghadapi permasalahan berujung perceraian. Untuk menekan angka perceraian yang setiap tahunnya meningkat, Kanwil Kementerian Agama Yogyakarta mengadakan suatu program yaitu Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) untuk melakukan binaan keluarga di seluruh wilayah Provinsi D.I. Yogyakarta. Salah satu wilayah yang mendapatkan Program DBKS yaitu Desa Sendangtirto. Adanya pelaksanaan Progrsm DBKS di Desa Sendangtirto memunculkan permasalahan yaitu bagaimana pelaksanaan Program DBKS dan bagaimana pengaruh dari Program DBKS terhadap keharmonisan keluarga. Penyusun tertarik untuk meneliti bagaimana pelaksanaan Program DBKS dan bagaimana pengaruh Program DBKS terhadap keharmonisan keluarga di Desa Sendangtirto. Penelitian ini meerupakan penelitian lapangan yaitunpenelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara terhadap informan dan lima kepala keluarga serta dokumentasi. Pendekatan penelitian yaitu sosiologis normatif. Analisi data dilakukan secara kualitatif kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukan pertama, bahwa pelaksanaan Program DBKS di Desa Sendangtirto telah sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan DBKS Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta, yaitu tahap pencanangan pada tahun 2016, tahap pembinaan pada tahun 2017 dan tahap evaluasi pada tahun 2018. Kedua, berdasarkan analisis data yang diperoleh menunjukan bahwa Program DBKS di Desa Sendangtirto memberikan pengaruh yang besar kepada empat kepala keluarga yang diwawancarai dan memberikan pengaruh yang cukup besar kepada satu kepala keluarga yang diwawancarai. Pengaruh tersebut mencakup bidang keagamaan, ppendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial kemasyarakatan sehingga keluarga menjadi harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Fatma Amilia, S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: keluarga harmonis; Program DBKS; desa binaan
Subjects: Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Sep 2021 12:12
Last Modified: 15 Sep 2021 12:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum