PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PRODUKTIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Khoirunisa, NIM.: 16430044 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PRODUKTIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PRODUKTIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN)
16430044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA KALENDER KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA PRODUKTIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN)
16430044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan (R&D) ini di lakukan untuk (1) mengetahui pengembangan media Kalender Kata untuk Mengembangkan Bahasa Produktif pada Anak Usia 4-5 Tahun dengan menggunakan model dari Borg and Gall serta (2) untuk mengetahui kelayakan media Kalender Kata untuk Mengembangkan Bahasa Produktif pada Anak Usia 4-5 Tahun berdasarkan penilaian dari dosen ahli materi, ahli media, tiga pendidik PAUD serta ditanggapi oleh 13 peserta didik. Dengan latar belakang (1) anak usia dini membutuhkan permainan sebagai media pendidikan di dalam pembelajaran (2) perkembangan bahasa produktif pada anak usia 4-5 tahun harus terus dikembangkan (3) belum banyak yang menggunakan media Kalender Kata. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model dari Borg and Gall dengan 10 tahap (1) Penelitian dan pengumpulan informasi. Peneliti melakukan observasi ke perpustakaan, toko buku dan juga onlineshop untuk mengetahui tentang ketersediaan media pembelajaran Kalender Kata tersebut serta observasi dan wawancara dengan pendidik dari beberapa Taman Kanak-kanak. (2) Perencanaan. Peneliti menetapkan indikator, serta komponen yang akan di masukkan kedalam produk. (3) Pengembangan draf produk. Peneliti menyusun serta mengkonsultasikan media Kalender Kata kepada dosen pembimbing untuk memberikan kritik dan saran. (4) Uji coba lapangan awal. Peneliti melakukan uji coba lapangan pada satu peserta didik dari TK ABA Kadipolo. (5) Revisi hasil. Produk di revisi berdasarkan pada uji coba lapangan awal. (6) Uji coba lapangan utama. Peneliti melakukan uji coba lapangan pada 10 peserta didik dari PAUD Kunir Ceria 2. (7) Revisi produk operasional. Produk direvisi berdasarkan pada uji coba lapangan utama. (8) Uji coba lapangan operasional. Peneliti melakukan uji coba lapangan pada dua peserta didik dari TK ABA Al Ishlah. (9) Penyempurnaan produk akhir. Produk di sempurnakan berdasarkan pada uji coba lapangan operasional (10) Diseminasi dan implementasi. Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran Kalender Kata yang digunakan sebagai buku yang dibuat untuk mengembangkan bahasa produktif anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian dan pengembangan media Kalender Kata berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas media Kalender Kata ini Sangat Baik (SB) dengan skor 41 dari skor maksimal 50 dengan presentase keidealan 82%. Berdasarkan penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas media bermain Sangat Baik (SB) dengan skor 61 dari skor maksimal 75 dengan presentase keidealan 87%. Berdasarkan penilaian pendidik PAUD menunjukkan bahwa kualitas media bermain Sangat Baik (SB) dengan skor 110,1 dari skor maksimal 120 dengan presentase keidealan 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Kalender Kata, Pengembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2021 12:21
Last Modified: 16 Sep 2021 12:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum