IMPLIKASI AMALIYAH KEAGAMAAN TERHADAP SPIRITUAL ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) PERGURUAN PENCAK SILAT CEPAT PEMBELAAN DIRI (CEPEDI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Rahmat Nur Hidayat, NIM. 16520011 (2021) IMPLIKASI AMALIYAH KEAGAMAAN TERHADAP SPIRITUAL ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) PERGURUAN PENCAK SILAT CEPAT PEMBELAAN DIRI (CEPEDI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI AMALIYAH KEAGAMAAN TERHADAP SPIRITUAL ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) PERGURUAN PENCAK SILAT CEPAT PEMBELAAN DIRI (CEPEDI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16520011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI AMALIYAH KEAGAMAAN TERHADAP SPIRITUAL ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) PERGURUAN PENCAK SILAT CEPAT PEMBELAAN DIRI (CEPEDI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16520011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Unit Kegiatan Mahasisiwa (UKM) PPS CEPEDI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berdiri sejak 17 September 1970. Didirikan oleh Bapak Kasturi al-Ashadi Khabiburrohman dengan prinsip “tri logi CEPEDI”. Dengan trilogi tersebut anggota Unit Kegiatan Mahasisiwa (UKM) PPS CEPEDI dituntut untuk cepat, tepat dan mantab. Seiring perkembangang zaman, unit kegiatan mahasiswa Perguruan Pencak Silat CEPEDI tidak hanya didirikan untuk semata-mata meraih prestasi ditingkat daerah maupun ditingkat nasional, akan tetapi Perguruan Pencak Silat Cepat Pembelaan Diri (PPS CEPEDI) mempunyai slogan dakwah bil pencak silat dengan artian pencak silat juga bisa digunakan sebagai sarana dakwah. Hal ini dimotivasi oleh Sunan Bonang. Adapun beberapa aspek di dalamnya antara lain, aspek jasmani, yaitu olahraga dan aspek rohani yaitu spiritualitas. Aspek spiritual adalah hal yang paling kompleks dalam mendukung anggota mengamalkan ajaran agama maupun perundangan undangan dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) Perguruan Pencak Silat CEPEDI. Penelitian ini menggunakan peneltian kualitatif dengan pendekatan psikologis dan data yang digunakan adalah data deskriptif analisis. Deskripsi membahas bagaimana terbangunnya kecerdasan spiritual di dalam diri anggota maupun dalam diri pelatih. Selain itu juga membahas profil unit kegiatan mahasiswa (UKM) Perguruan Pencak Silat CEPEDI (PPS CEPEDI) dan kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan aspek-aspek spiritual. Analisisnya termasuk terbentuknya mental spiritual dalam diri anggota dan pelatih dalam mengamalkan amaliyah untuk keseharian dengan menggunakan teori spiritual quotient atau kecerdasan spiritual. Hasil dari penelitian ini pertama, amaliyah menjadi wadah anggota dalam membentuk spiritual yang baik dan benar. Selain itu anggota mampu melihat sejauh mana mental spiritual bisa dapat dikatakan sudah baik dan berpengaruh terhadap lingkungan, kesuksesan hidup dan berperilaku baik. Terdapat beberapa hambatan dalam melaksanakan amaliyah adalah kurangnya kesadaran anggota dalam melaksanakan kegiatan tersebut, sehingga berdampak pada jenis kesadaran masing-masing. Namun daripada itu, amaliyah yang sudah menjadi tradisi wajib dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) Perguruan Pencak Silat CEPEDI (PPS CEPEDI) masih terjaga dengan baik, meskipun tahun ini diberi cobaan Covid-19, maka amliah dilakukan secara daring. Namun antusias anggota dalam mengikuti amaliyah juga bisa dikatakan baik dan tertib, selain itu ditemukan juga indikator amaliyah yang mempengaruhi anggota dan pelatih adalah rasa kekeluargaan dan rasa kebersamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Roni Ismail, S.Th.I.,M.S.I
Uncontrolled Keywords: Amaliyah, Implikasi Amaliyah kepada anggota dan pelatih dan Spiritual Quotient.
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Sep 2021 10:49
Last Modified: 28 Sep 2021 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44814

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum