PEMBINAAN LIFE SKILL PADA PROGRAM KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I YOGYAKARTA

Roy Ramadhan Tambunan, NIM.: 17204011092 (2020) PEMBINAAN LIFE SKILL PADA PROGRAM KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN LIFE SKILL PADA PROGRAM KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I YOGYAKARTA)
17204011092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN LIFE SKILL PADA PROGRAM KETERAMPILAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I YOGYAKARTA)
17204011092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang minim memiliki life skill secara spesifik serta belum memiliki kesiapan kerja yang memadai dan mumpuni. Peserta didik cendrung belum mampu secara mandiri mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam menghadapi berbagai persoalan maupun jalan hidupnya di tengah-tengah lingkungan sosial. Selain itu masih banyak didapati madrasah yang hanya mengajarkan ilmu secara teoritis saja yang belum mengarah kepada kemampuan dan pengembangan skill sepecific academik ataupun vocational skill. Salah satu cara untuk membina life skill peseta didik di madrasah tentunya dengan pembinaan life skill yang terprogram, serta adanya strategi pembinaan life skill dari lembaga pendidikan tersebut untuk mencapai pengembangan life skill secara sepesifik akademik dan vokasional. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui latar belakang pembinaan life skill, strategi pembinaannya, dan bagaimana hasil pembinaan program keterampilan life skill sepesifik akademik maupun vokasionalnya. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, Wakamad Kurikulum, dan guru pembina life skill, peserta didik kelas X dan XI pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif (qualitatif research), dengan gambaran mengenai situasi yang diteliti dalam uraian naratif. Peneliti juga menggunakan wawancara secara mendalam untuk mengetahui dan menjawab permasalahan penelitian. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel research), sedangkan pendekatan yang dipilih adalah pendekatan fenomenologi dan paedagogik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangulasi data. Metode Analisis data yang digunakan yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) latar belakang pembinaan life skill di MAN 1 Yogyakarta merupakan kebijakan pendidikan berdasarkan undang-undang tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, visi misi dan tujuan madrasah secara akademik maupun non akademik, dan esensi daripada life skill itu sendiri, (2) strategi yang digunakan ialah strategi contextual learning dan strategi pembelajaran afektif, (3) hasil pembinaan life skill sangat baik berdasarkan indikator keberhasilan yang berupa; akreditasi, prestasi, melanjutkan studi ke perguruan tinggi, dan nilai UN/ UNBK yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, M.A
Uncontrolled Keywords: Pembinaan , Strategi Life Skill, Keberhasilan MAN 1 Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Oct 2021 14:13
Last Modified: 04 Oct 2021 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum