IMPLEMENTASI PERDA DIY NO. 3 TAHUN 2015 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS PASAL 15 TENTANG PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR DI KOTA YOGYAKARTA PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)

Amirul Khaqiqi, NIM.: 14370005 (2021) IMPLEMENTASI PERDA DIY NO. 3 TAHUN 2015 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS PASAL 15 TENTANG PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR DI KOTA YOGYAKARTA PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PERDA DIY NO. 3 TAHUN 2015 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP)
14370005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PERDA DIY NO. 3 TAHUN 2015 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP)
14370005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Air merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup termasuk manusia. Salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh manusia adalah air sungai. Air sungai yang mengalir di Kota Yogyakarta telah mengalami pencemaran dan penurunan kualitas air yang disebabkan oleh limbah domestik rumah tangga dan sampah yang tidak terkontrol. Hal menjadi sebuah pertanyaan besar bagaimana kinerja Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta menangani permasalahan Pencemaran Air dan mengimplementasikan Perda DIY Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Pemerintah Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta yang diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota yogyakarta dalam menangani permasalahan pencemaran air. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode diskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan, menganalisa, dan menjawab pertanyan yang berkaitan dengan subjek yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Kebijakan Pemerintah Daerah tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (pegendalian Pencemaran air) sesuai dengan Maslahah karena tujuan dari pengendalian pencemaran air adalah terhindar dari segala bakteri dan zat limbah yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Dengan adanya pengendalian pencemaran air maka masyarakat akan hidup sehat. Dan kesehatan merupakan kebutuhan pokok (Daruriyat). Akan tetapi dalam pelaksanaanya belum berjalan dengan efektif dikarenakan berbagai kendala yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ocktoberrinsyah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanggulangan Pencemaran Air; Lingkungan Hidup; Peraturan Daerah
Subjects: Lingkungan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya /PPL
Date Deposited: 14 Oct 2021 15:04
Last Modified: 14 Oct 2021 15:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum