BADAN PENASIHATAN, PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DAN PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH DIKECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG 2004-2005

Nurul Imtihan, NIM.: 02351483-01 (2006) BADAN PENASIHATAN, PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DAN PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH DIKECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG 2004-2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BADAN PENASIHATAN, PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DAN PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH DIKECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG 2004-2005)
0235148301_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BADAN PENASIHATAN, PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DAN PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH DIKECAMATAN BULU KABUPATEN TEMANGGUNG 2004-2005)
0235148301_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

BP4 sebagai sebuah lembaga yang bernaung di bawah Departemen Agama yang bertujuan mempertinggi mutu perkawinan guna mewujudkan keluarga sakinah menurut ajaran Islam untuk mencapai masyarakat dan bangsa Indonesia yang maju, mandiri, sejahtera, materiil dan spiritual mempunyai tugas memberikan bimbingan dan pendidikan pada masyarakat khususnya kepada calon pengantin, pemuda dan pemudi yang akan melangsungkan pemikahan, di samping bertugas memberikan penasehatan dan pembinaan kepada pasangan suami istri yang berselisih untuk sedapat mungkin tidak terjadi perceraian. Dalam Anggaran Dasar BP4 disebutkan bahwa badan ini secara nasional berkedudukan di Ibu Kota Negara RI, dengan stuktur organisasi disesuaikan dengan jenjang administrasi pemerintah, mulai dari pusat, propinsi, kabupaten/kota madya, dan kecamatan. Salah satunya adalah BP4 yang ada di Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Untuk mewujudkan tujuan BP4 yang demikian ideal dan sangat didambakan tersebut, tentunya para pasangan calon pengantin, sejak remaja usia nikah perlu memperoleh bekal tentang tehnik pengelolaan rumah tangga yang sakinah. Pengetahuan tentang berkeluarga, pada umumnya diperoleh secara naluriah saja. Belum ada pendidikan khusus bagi calon pengantin dalam memasuki jenjang perkawinan yang memadai, sehingga tak heran jika permasalahan keluarga yang muncul bisa berakibat pada perceraian. Melihat bahwa di Kecamatan Bulu terdiri dari masyarakat dengan latar belakang kehidupan sosial budaya yang berbeda, tidak bisa menutup kemungkinan bahwa permasalahan keluarga bisa muncul setiap saat. Untuk itu, peranan penasihatan dan pembinaan BP4 sangat diperlukan dan diharapkan pelaksanaan kegiatan BP4 mampu menyentuh sasarannya sesuai dengan perkembangan sosial masyarakat. Apakah pelaksanaan kegiatan yang dilakukan BP4 Bulu dalam membina keluarga sakinah di Kecamatan Bulu sudah mampu menyentuh sasarannya. Untuk menganalisis permasalahan tersebut, penyusun menggunakan pendekatan sosiologis-normatif. Sebagai sumber primemya adalah Laporan Tahunan Kepala BP4/KUA, Data Monografi BP4 Kecamatan Bulu, AD/ART BP4, UU No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan, Kompilasi Hukum Islam, interview dengan pihak­ pihak yang terkait. Sedangkan sumber sekundemya adalah data-data yang berkaitan dengan kasus di lapangan, kitab-kitab maupun buku ilmiah yang berkaitan dengan BP4. Adapun kesimpulan dari hasil analisis yang penyusun lakukan adalah bahwa peran BP4 Kecamatan Bulu sebagai lembaga yang mengkhususkan • kegiatannya dalam memberikan penasehatan dan pembinaan terhadap pasangan calon suami istri ataupun terhadap pasangan suami istri yang sedang dilanda konflik rumah tangga, menurut hukum Islam adalah sejalan dengan maksud syari'at Islam yakni ketentuan hakamain, bahkan ini merupakan manifestasi dari peran BP4 sebagai lembaga penasehatan dan pembinaan perkawinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Supriatna, M.Si. 2. Fatma Amilia, S,Ag. M.Si.
Uncontrolled Keywords: BP4, calon pengantin, pasangan suami istri
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 08 Oct 2021 09:03
Last Modified: 08 Oct 2021 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45096

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum