PERAN SOSIAL-KEAGAMAAN TAKMIR TERHADAP KEMAKMURAN MASJID AL MUTAQQIN SAWAHAN KARANGGUMUK JOGOPRAYAN GANTIWARNO KLATEN

Huda Romdoni, NIM. 14540034 (2021) PERAN SOSIAL-KEAGAMAAN TAKMIR TERHADAP KEMAKMURAN MASJID AL MUTAQQIN SAWAHAN KARANGGUMUK JOGOPRAYAN GANTIWARNO KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN SOSIAL-KEAGAMAAN TAKMIR TERHADAP KEMAKMURAN MASJID AL MUTAQQIN SAWAHAN KARANGGUMUK JOGOPRAYAN GANTIWARNO KLATEN)
14540034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN SOSIAL-KEAGAMAAN TAKMIR TERHADAP KEMAKMURAN MASJID AL MUTAQQIN SAWAHAN KARANGGUMUK JOGOPRAYAN GANTIWARNO KLATEN)
14540034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui management takmir masjid, dan bagaimana cara yang dilakukan oleh takmir tersebut untuk melakukan kemakmuran masjid dan kenapa bisa terjadi difungsi sosial-keagamaan terhadap kemakmuran masjid. Latar belakang peneliti mengangkat judul Peran Sosial-Keagamaan Takmir Terhadap Kemakmuran Masjid Al-Muttaqin di Dusun Sawahan Karanggumuk Jogoprayan GantiWarno Klaten. Dengan rumusan masalah bagaimana peran sosial-keagamaan organisasi takmir dan bagaimana fungsi struktur organisasi takmir bisa berpengaruh terhadap kegiatan-kegiatan untuk memakmurkan masjid Al-Muttaqin. Penelitian ini dilaksanakan Di Dusun Sawahan Karanggumuk Jogoprayan Gantiwarno Klaten dan merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah menggunakan sumber primer yang berupa wawancara dengan subjek terkait yaitu takmir dan warga yang ada di Dusun Sawahan Karanggumuk dengan jumlah sample yang digunakan yaitu sebanyak lima orang. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data sekunder berupa artikel maupun dokumen yang berhubungan dengan tema penelitian. Sedangkan untuk pengumpulan data peneliti lakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data berupa pemaparan tentang situasi di tempat penelitian yang kemudian diuraikan secara deskriptif dan naratif. Analisis data dilakukan dengan memaparkan data secara keseluruhan dan dianalisis menggunakan teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parsons. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya disfungsi peran sosial kegamaan terhadap kemakmuran masjid ada dua faktor yaitu faktor internal dan eksternalnya. Faktor internal yang menjadi penyebab terjadinya disfungsi peran sosial-keagamaan ketakmiran yang ada di Dukuh Sawahan Karanggumuk berkaitan dengan kurangnya komunikasi antara takmir dan masyarakat setempat, sehingga berdampak pada tidak berjalannya program yang sudah dibuat oleh takmir. Sedangkan faktor eksternal yang menajdi penyebab disfungsi peran soial-keagamaan dari ketakmiran yang ada di Dukuh Sawahan Karanggumuk adalah kurangnya dukungan lapisan masyarakat yang ada di dukuh Sawahan Karanggumuk dalam melakukan kegiatan yang sudah di rencanakan oleh takmir masjid al-Muttaqin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi,. M.Si,.Psi.
Uncontrolled Keywords: Disfungsi, peran sosial,takmir, masjid, dan kemakmuran
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Oct 2021 08:14
Last Modified: 10 Oct 2021 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45193

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum