KISAH NABI YUNUS MENURUT KITAB TAFSIR JĀMI’ AL-BAYĀN ‘AN TA’WĪL ĀY AL-QUR’ĀN KARYA ABU JA’FAR MUHAMMAD BIN JARIR AL- THABARI

INDRI HURIYATUL MAZIYAH, NIM. 16530065 (2021) KISAH NABI YUNUS MENURUT KITAB TAFSIR JĀMI’ AL-BAYĀN ‘AN TA’WĪL ĀY AL-QUR’ĀN KARYA ABU JA’FAR MUHAMMAD BIN JARIR AL- THABARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KISAH NABI YUNUS MENURUT KITAB TAFSIR JĀMI’ AL-BAYĀN ‘AN TA’WĪL ĀY AL-QUR’ĀN KARYA ABU JA’FAR MUHAMMAD BIN JARIR AL- THABARI)
16530065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KISAH NABI YUNUS MENURUT KITAB TAFSIR JĀMI’ AL-BAYĀN ‘AN TA’WĪL ĀY AL-QUR’ĀN KARYA ABU JA’FAR MUHAMMAD BIN JARIR AL- THABARI)
16530065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Terdapat banyak sekali kisah yang terdapat di dalam Al-Qur’an, seperti kisah Ashabul Kahfi, kisah para nabi dan masih banyak lagi. Salah diantara kisah-kisah tersebut adalah kisah Nabi Yunus yang ditelan oleh ikan setelah pergi meninggalkan kaumnya. Adapun perihal sebab kepergianya para ulama berbeda pendapat. Diceritakan dalam Al-Qur’an bahwa Nabi Yunus putus asa mendakwakan ajaran Allah karena kaumnya banyak yang inkar, kemudian ia meninggalkan mereka. Hal seperti ini bisa saja ditafsirkan sebagian orang sebagai lari dari tanggung jawab. Inilah yang menarik dari kisah Nabi Yunus yang akan penulis bahas, bagaimana seorang Nabi Yunus bisa terkesan putus asa dalam berdakwah yang akan dibahas nanti dalam penelitian ini, mengingat banyak juga Nabi lain yang berdakwah kemudian ditentang ia tetap sabar dan tidak lari. Berangkat dari latar belakang ini penulis mengangkat Kisah Nabi Yunus menurut Kitab Tafsir Jāmi’ Al-Bayān ‘An Ta’wīl Āy Al-Qur’ān karya Abu Ja’far Muhammad Bin Jarir Al- Thabari. Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu bagaimana penafsiran Ath-Thabari’ pada ayat-ayat kisah Nabi Yunus dalam Tafsir Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wīl āy al-Qur’ān? dan bagaimana pesan moral dari kisah nabi Yunus? Jenis penelitian ini yaitu kepustakaan (library research) tafsir tematik kontekstual, yakni cara memahami Al-Qur’an mengumpulkan ayat-ayat yang setema untuk mendapatkan gambaran yang utuh, holistik dan komprehensip mengenai tema yang dikaji, kemudian mencari makna yang yang relevan dan aktual untuk konteks kekinian dengan metode deskriptif analitis. Adapun sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah Al-Qur’an dan kitab Tafsir Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wīl āy al-Qur’ān karya Abu Ja’far Muhammad Bin Jarir Al- Thabari. Sedangkan sumber sekunder yang digunakan yaitu skripsi-skripsi, buku-buku, kitab-kitab, dan jurnal-jurnal yang berhubungan dengan objek penelitian ini. Dari hasil penelitian ini diperoleh temuan pertama, Nabi Yunus dalam Tafsir Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wīl āy al-Qur’ān diceritakan sebagai sosok pribadi yang shaleh namun sempit dadanya dalam berdakwah terhadap kaumnya yang ingkar hingga menyebabkan ia pergi meninggalkan kaum dan tugas kenabiannya sebelum mendapatkan ijin sehingga Allah SWT menghukumnya. Kedua, Pesan yang moral yang dapat kita ambil dari kisah Nabi Yunus dalam Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wīl āy al-Qur’ān antara lain pentingnya kesabaran dalam berdakwah, istiqomah dalam beribadah, optimis dalam mengapai cita-cita, dan bertaubat atas kesalahan dan dosa yang telah kita lakukan, karena setiap manusia tidak luput dari salah dan dosa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FITRIANA FIRDAUSI, S.Th.I., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kisah, Nabi Yunus, Tafsir Jāmi’ al-Bayān ‘an Ta’wīl āy al-Qur’ān.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Oct 2021 15:08
Last Modified: 10 Oct 2021 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum