Tahmisy an Nisai fi Al Riwayah Rahalati fi Al Alam li Nawal As Sa’dawiy (Dirasah Tahliliyah Jinsiyah li Mansur Faqih)

Wisnu Aditya Putra, NIM.: 15110018 (2020) Tahmisy an Nisai fi Al Riwayah Rahalati fi Al Alam li Nawal As Sa’dawiy (Dirasah Tahliliyah Jinsiyah li Mansur Faqih). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Tahmisy an Nisai fi Al Riwayah Rahalati fi Al Alam li Nawal As Sa’dawiy (Dirasah Tahliliyah Jinsiyah li Mansur Faqih))
15110018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Tahmisy an Nisai fi Al Riwayah Rahalati fi Al Alam li Nawal As Sa’dawiy (Dirasah Tahliliyah Jinsiyah li Mansur Faqih))
15110018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy

Abstract

Novel ini berisi tentang cerita perjalanan Nawal mengunjungi banyak negara di berbagai benua di Dunia. Dalam perjalanannya Nawal menemukan banyak jenis ketidaksetaraan gender yang terjadi pada wanita di berbagai negara. Peneliti akan membahas dua rumusan masalah utama, yaitu apa saja bentuk ketidakadilan gender yang ada pada novel dan bagaimana ketidakadilan itu saling berhubungan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah konsep gender Mansour Faqih yang mendeskripsikan lima bentuk ketidakadilan pada perempuan, yaitu: marginalitas atau proses pemiskinan, subordinasi, stereotip atau pelabelan pada suatu gender tertentu, kekerasan (violence), dan beban ganda. Bentuk-bentuk ketidakadilan ini saling berkaitan satu dengan lainnya, satu bentuk ketidakadilan dapat mendorong terjadinya bentuk ketidakadilan lain. Teori ini mendeskripsikan, mengkategorikan dan menganalisis kejadian kejadian ketidakadilan gender yang ada pada novel Rahalati fi al Alam khususnya yang menimpa kaum perempuan. Solusi untuk mengatasi masalah ketidakadilan gender, yaitu dengan upaya jangka pendek dan jangka penjang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis, yakni dengan mendeskripsikan kejadian kejadian ketidakadilan gender yang disusul dengan analisis. Sumber data pada penelitian ini adalah novel Rahalati fi al Alam karya Nawal El-Sadawiy sebagai sumber data primer. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa kelima bentuk ketidakadilan gender, yaitu: marginalitas, subordinasi, stereotip, kekerasan dan beban ganda telah menimpa pada perempuan dalam novel ini, bahkan di beberapa daerah hal tersebut telah menjadi adat masyarakat setempat. Setiap bentuk ketidakadilan dapat menjadi penyebab munculnya ketidakadilan lain sehingga tidaklah cukup hanya dengan mengatasi satu bentuk ketidakadilan saja karena bentuk bentuk ketidakadilan itu saling terhubung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Bermawy Munthe,M.A
Uncontrolled Keywords: gender; Rahalati fi al Alam; Mansour Faqih
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Oct 2021 10:01
Last Modified: 11 Oct 2021 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum