TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN TIK TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI ANALISIS SEMIOTIK PADA AKUN @DINDA_IBRAHIIM)

Fahmi Ihza Mahendra, NIM.: 16210013 (2021) TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN TIK TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI ANALISIS SEMIOTIK PADA AKUN @DINDA_IBRAHIIM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN TIK TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI ANALISIS SEMIOTIK PADA AKUN @DINDA_IBRAHIIM))
16210013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN TIK TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI ANALISIS SEMIOTIK PADA AKUN @DINDA_IBRAHIIM))
16210013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ada banyak kalangan yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi saat ini untuk kegiatan berdakwah, khususnya di media sosial. Dakwah yang dikemas sedemikian rupa oleh da`inya dengan menambahkan instrumen, musik, dan backsound yang menarik pastilah informasi akan mudah untuk diterima bagi umat islam. Dan Tik Tok menjadi salah satu pilihan yang sangat digemari oleh kaum millenial, karena aplikasi Tik Tok menghadirkan special effects yang menarik dan mudah untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan komunikasi persuasif akun tiktok @dinda_ibrahiim pada konten yang berisikan edukasi islami. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika menurut Roland Barthes yang dikenal dengan “two order of signification”, mencakup denotasi (makna sebenarnya) dan Konotasi (Implisit dan tersembunyi). Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori teknik komunikasi persuasif yang dikutip dari Buku Dinamika Komunikasi karya Onong Uchjana Effendy yang menjadi teori utama dalam membedah masalah. Adapun teknik-teknik tersebut adalah teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, teknik red-hearing. Setelah dilakukan analisis dengan membedah 20 cuplikan, dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini yang menunjukkan adanya teknik komunikasi persuasif. Tanda tersebut muncul pada cuplikan-cuplikan yang digunakan sebagai latar belakang maupun teks yang ada pada cuplikan tersebut dan mengklasifikasikan hasil penelitian ke dalam 5 teknik teori komunikasi persuasif tersebut, maka dapat disimpulkan cuplikan dari video-video yang diteliti, bahwa setiap cuplikan menggunakan ke-5 teknik komunikasi persuasif dalam menyampaikan pesannya. Dan juga terdapat cuplikan yang meggunakan lebih dari 1 teknik komunikasi persuasif dalam menyampaikan pesannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Media Dakwah, Semiotika Roland Barthes
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 13 Oct 2021 10:01
Last Modified: 13 Oct 2021 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum