EPISTEMOLOGI TAFSIR BUKU TARBIYAH AN-NISĀ KARYA KH. ACENG ZAKARIA

Karina Rahmi Siti Farhani, NIM. 17105031007 (2021) EPISTEMOLOGI TAFSIR BUKU TARBIYAH AN-NISĀ KARYA KH. ACENG ZAKARIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EPISTEMOLOGI TAFSIR BUKU TARBIYAH AN-NISĀ KARYA KH. ACENG ZAKARIA)
17105031007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EPISTEMOLOGI TAFSIR BUKU TARBIYAH AN-NISĀ KARYA KH. ACENG ZAKARIA)
17105031007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Potret perempuan yang dibatasi ruang geraknya dan diatur kesehariannya ialah tidak lain karena pengaruh budaya dan pemahaman atas teks agama. Ormas Islam sebagai kelompok yang memiliki otoritas melakukan ijtihad dalam menghasilkan fatwa bagi—ritual—ibadah dan muamalah umat manusia, juga berperan penting dalam melanggengkan pola pendidikan atas kaum perempuan yang semakin progresif atau bahkan kembali normatif. Persatuan Islam, sebagai salah satu Ormas Islam di Indonesia yang hadir sejak tahun 1923 memiliki posisi krusial dalam menghasilkan pola pendidikan, terlebih ciri khas gerakan Persis dalam lingkup pendidikan dan dakwah. Hal ini menjadikan Persis secara komunal maupun ulama yang terdapat didalamnya secara individual memiliki posisi untuk turut serta mengedukasi masyarakat, khususnya kaum perempuan. dalam hal ini, penulis memilih KH. Aceng Zakaria sebagai subjek kajian. Hal ini salah satunya dilatarbelakangi oleh perannya sebagai ketua umum periode 2015-2020 (bahkan sekarang 2021) dan juga sebagai ulama sekaligus cendikiawan Persis yang menghasilkan ratusan karya khas metodologi Persis. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah meninjau salah satu karya KH. Aceng Zakaria berjudul Tarbiyah An-Nisā. Epistemologi tafsir, dipilih sebagai alat analisis utama dan tinjauan tematik-gramatikal ala Nasaruddin Umar dijadikan sebagai teori pelengkap guna melakukan penelitian yang komprehensif, sehingga menimbulkan dua pertanyaan: 1) Bagaimana konsep Tarbiyyah Al-Nisā dalam buku Tarbiyah An-Nisā ?, 2) Bagaimana epistemologi tafsir buku Tarbiyah An-Nisā karya KH. Aceng Zakaria?, Hasil penelitian yang ditemukan adalah , Pertama mengenai konsep Tarbiyyah al-nisā yang diusung Aceng Zakaria merupakan pola pendidikan perempuan yang dilatarbelakangi oleh kepedulian penulis buku atas serangkaian peran yang ditanggung perempuan selama hidupnya, yakni pola yang dihasilkan dari pembacaan tekstualis KH. Aceng Zakaria atas teks agama. Kedua, sumber yang digunakan oleh KH. Aceng Zakaria dalam buku Tarbiyah An-Nisā ialah penggunaan Al-Qur’an sebagai sumber utama, hadis-hadis Nabi, kitab-kitab fikih, kitab-kitab tafsir era Klasik dan Modern dan kitab Nahju al-Balāgāh. Sedangkan metode yang digunakan adalah bi al-ma’ṡūr dengan penyajian tematik dan pendekatan fiqh. Dalam hal validitas kebenaran, teori koherensi dan pragmatis merupakan dua teori yang sesuai dengan penafsiran dalam buku Tarbiyah An-Nisā.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Baidowi, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Tarbiyyah al-Nisā, Epistemologi Tafsir, KH. Aceng Zakaria, buku Tarbiyah An- Nisā
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Oct 2021 22:23
Last Modified: 11 Oct 2021 22:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum