UPAYA RUMAH ZAKAT INDONESIA DOMPET SOSIAL UMMUL QURO (RZI DSUQ) DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DI SUNGAPAN SRIHARJO IMOGIRI BANTUL

Undari, NIM. 99232658 (2004) UPAYA RUMAH ZAKAT INDONESIA DOMPET SOSIAL UMMUL QURO (RZI DSUQ) DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DI SUNGAPAN SRIHARJO IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA RUMAH ZAKAT INDONESIA DOMPET SOSIAL UMMUL QURO (RZI DSUQ) DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DI SUNGAPAN SRIHARJO IMOGIRI BANTUL)
99232658_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA RUMAH ZAKAT INDONESIA DOMPET SOSIAL UMMUL QURO (RZI DSUQ) DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DI SUNGAPAN SRIHARJO IMOGIRI BANTUL)
99232658_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengumpulan dana umat pada RZI DSUQ DIY Sumber dana umat dan bentuan berasal dari lembaga dan perorangan. Adapun perolehan sumber dana tersebut dengan melalui kolektor, datang langsung, melalui bank serta giro. Sedangkan kiat-kiat untuk memperoleh dana adalah dengan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat melalui iklan, promosi, membuka cabang dan situs internet, kerjasama antar lembaga, menyelenggarakan presentasi, silaturaluni, sinergi program dan layanan lewat telepon maupun no. rekening. Pendayagunaan dana umat pada RZI DSUQ DIY Arah pendayagunaan sumber dana zakat infak dan sodaqoh adalah untuk mengatasi kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat. RZI DSUQ DIY mempunyai peranan sebagai lembaga penyerta modal dan juga sebagai lembaga pendamping serta fasilitator. Adapun pemberdayaan ekonomi umat di sungapan sriharjo imogiri bantul adalah program pemberdayaan kelompok kerajinan rajut DSUQ An Nisa. Sedangkan bentuk-bentuk pendayagunaan sumber dana zakat infak dan sedekah pada RZI DSUQ DIY adalah meliputi dua program yaitu program pemberdayaan yang bersifat konsumtif dan program pemberdayaan yang bersifat produktif Respon masyarakat Sungapan Sriharjo Imogiri Bantu!. Adanya kegiatan program pemberdayaan ekonomi umat di sungapan yaitu program pemberdayaan kerajinan rajut DSUQ An Nisa, masyarakat memberikan respon baik. Respon tersebut datang dari tokoh masyarakat, tokoh agama maupun kelompok kerajinan rajut. Program pemberdayaan kerajinan rajut telah membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat terutama masalah pekerjaan bagi ibu-ibu rumah tangga serta mendapat kemudahan didalam membantu perekonomian keluarganya. Selain itu, adanya kegiatan keagamaan telah memberikan pemahaman serta keyakinan di dalam melaksanakan ajaran agama islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Moh. Abu Suhud M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rumah Zakat Indonesia, Dompet Sosial Ummul Quro, (RZI DSUQ), Mengentaskan Kemiskinan , Di Sungapan Sriharjo Imogiri Bantul
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Oct 2021 13:43
Last Modified: 12 Oct 2021 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum