MELACAK HISTORISITAS HADIS TENTANG “PERINTAH MENGIKUTI IMAM DALAM SALAT” (APLIKASI TEORI COMMON LINK G.H.A. JUYNBOLL)

Hani Fazlin, NIM. 17105051001 (2021) MELACAK HISTORISITAS HADIS TENTANG “PERINTAH MENGIKUTI IMAM DALAM SALAT” (APLIKASI TEORI COMMON LINK G.H.A. JUYNBOLL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MELACAK HISTORISITAS HADIS TENTANG “PERINTAH MENGIKUTI IMAM DALAM SALAT” (APLIKASI TEORI COMMON LINK G.H.A. JUYNBOLL))
17105051001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MELACAK HISTORISITAS HADIS TENTANG “PERINTAH MENGIKUTI IMAM DALAM SALAT” (APLIKASI TEORI COMMON LINK G.H.A. JUYNBOLL))
17105051001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

G.H.A. Juynboll adalah salah satu tokoh orientalis yang memfokuskan kajiannya terhadap otentisitas hadis dengan teorinya Common Link. Menurutnya, penisbatan sebuah hadis kepada Nabi tidak menjamin hadis tersebut benar-benar berasal dari Nabi, bahkan hadis mutawātir yang terdapat di dalam canonical collection sekalipun. Melalui teori common link yang ia kembangkan dari Joseph Schacht, Juynboll menawarkan sebuah metode yang dianggap dapat melacak historisitas hadis dengan memberikan sebuah penanggalan (dating), yang dapat menjawab tiga pertanyaan dasar terkait otentisitas hadis (‘di mana’, ‘kapan’, dan ‘siapa’ yang bertanggung jawab atas penyebaran hadis tertentu). Dalam penelitian ini, penulis mengangkat hadis “Perintah Mengikuti Imam dalam Salat” yang dilacak historisitasnya dengan menggunakan teori common link. Dengan demikian, maka keotentikan hadis -yang dinilai mutawātir oleh ulama Muslim- tersebut dapat dipastikan apakah benar berasal dari Nabi atau bukan. Terdapat sebanyak 214 hadis “Perintah Mengikuti Imam dalam Salat” yang tersebar melalui 293 jalur isnād dalam berbagai koleksi kitab hadis, mulai dari pre-canonical, canonical, maupun post-canonical collection. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa Nabi merupakan satu-satunya common link atas penyebaran hadis tersebut, sekitar kuartal pertama abad ke-1 H di Madinah. Posisi Nabi sebagai seorang common link didukung oleh empat orang sahabat (Abū Hurairah, Anas ibn Mālik, Abū Sa’īd al-Khudrī, dan Abū Mūsa al-‘Asy’arī) sebagai partial common link, serta tiga sahabat yang berjalur tunggal (‘Āisyah, Ibn ‘Umar ibn al-Khațțab, dan si Fulan). Selanjutnya dilihat dari hasil analisis matan dengan metode isnad cum matn yang penulis komparasikan dalam penelitian ini, demi mendapatkan historisitas hadis melalui aspek matan, hadis tentang “Perintah Mengikuti Imam dalam Salat” ini disampaikan oleh Nabi tidak hanya sekali, melainkan beberapa kali dalam kondisi dan waktu yang berbeda, namun tetap dengan substansi matan yang sama. Hasil dari analisis matan ini sesuai dan mendukung hasil analisis isnād, bahwa hadis ini kembali kepada satu sumber yang sama, yaitu Nabi sendiri. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, terdapat beberapa hal penting yang berseberangan dengan temuan Juynboll: 1) hadis ini terbukti historisitasnya sampai kepada Nabi dan ke-mutawāti-annya masih bisa dipertahankan, sekalipun telah diuji dengan teori common link, 2) pernyataan pertama tersebut sekaligus membuktikan bahwa hadis sudah muncul sebelum abad ke-2 H, 3) klaim Juynboll tentang single strand yang historisitasnya tidak dapat diterima tampaknya harus dipertimbangkan lagi dengan melakukan analisis matan mendalam. Terbukti bahwa periwayatan dari single strand memiliki persamaan matan dengan periwayatan jalur partial common link melalui analisis matan dengan isnad cum matn milik Motzki. Artinya, historisitas single strand dapat dilacak sampai kepada Nabi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ali Imron, S. Th.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Hadis, Historisitas, Common Link
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Oct 2021 08:48
Last Modified: 13 Oct 2021 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45334

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum