PENGALAMAN ROHANIAWAN DALAM PENDAMPINGAN PASIEN RAWAT INAP DI MASA COVID-19 (STUDI ATAS PENGALAMAN ROHANIAWAN DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG)

Ahmad Putra, S.Sos, NIM.: 18200010227 (2020) PENGALAMAN ROHANIAWAN DALAM PENDAMPINGAN PASIEN RAWAT INAP DI MASA COVID-19 (STUDI ATAS PENGALAMAN ROHANIAWAN DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGALAMAN ROHANIAWAN DALAM PENDAMPINGAN PASIEN RAWAT INAP DI MASA COVID-19 (STUDI ATAS PENGALAMAN ROHANIAWAN DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG))
18200010227_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGALAMAN ROHANIAWAN DALAM PENDAMPINGAN PASIEN RAWAT INAP DI MASA COVID-19 (STUDI ATAS PENGALAMAN ROHANIAWAN DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG))
18200010227_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pandemic covid-19 memberikan pengaruh dan dampak yang cukup signifikan dalam berbagai lini kehidupan, salah satunya pada pelayanan bimbingan rohani di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Tesis ini mengkaji perihal pengalaman dan strategi rohaniawan dalam memberikan pendampingan pasien rawat inap di masa covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang dilakukan lebih kurang selama tiga bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Observasi yang dilakukan yaitu melihat transformasi yang dialami kedua rohaniawan dalam memberikan pendampingan pasien di masa covid-19 dan mewawancarai dua rohaniawan tersebut serta Pimpinan Promosi Kesehatan RSUP Dr. M. Djamil Padang. Tesis ini menunjukkan bahwa di masa pandemic, kedua rohaniawan yang bertugas di RSUP Dr. M. Djamil Padang mendapatkan pengalaman baru dalam hal pendampingan pasien dan mengalami beberapa transformasi religious dalam memberikan bimbingan kerohanian pada pasien. Transformasi yang dialami kedua rohaniawan diantaranya: pertama, terbangun kesabaran pada kedua rohaniawan dalam memberikan pendampingan pasien di masa pandemic; kedua, kedua rohaniawan terpupuk hatinya untuk berserah diri terlebih dahulu kepada Allah SWT sebelum memberikan pendampingan pasien di masa pandemic; ketiga, terbangun komitmen kerja yang lebih baik dalam diri kedua rohaniawan, dibuktikan dengan kesiapan kedua rohaniawan dalam memberikan pendampingan pasien di masa pandemic walaupun dihadang dengan beberapa kegelisahan; keempat, kedua rohaniawan menemukan kendala dan hambatan dalam memberikan pendampingan pasien di masa pandemic; kelima, kedua rohaniawan terbangun keyakinan yang matang akan kesembuhan dari pengamalan ayat suci al-qur’an dan pembiasaan diri dalam beribadah; keenam, kedua rohaniawan mengalami transformasi dari sisi strategi/pelaksanaan pendampingan pasien di masa pandemic ketimbang sebelum pandemic datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Casmini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengalaman, Rohaniawan, Covid-19
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Covid-19
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2021 14:30
Last Modified: 13 Oct 2021 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45388

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum