HUKUM ADU KICAU BURUNG DI DESA LEKSANA BANJARNEGARA (STUDI PERPEKTIF PIMPINAN PONDOK PESANTREN MBS ISTANA QUR’AN DENGAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN AN-NUR KARANGKOBAR)

Anas Ruloh, NIM.: 14360077 (2021) HUKUM ADU KICAU BURUNG DI DESA LEKSANA BANJARNEGARA (STUDI PERPEKTIF PIMPINAN PONDOK PESANTREN MBS ISTANA QUR’AN DENGAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN AN-NUR KARANGKOBAR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUKUM ADU KICAU BURUNG DI DESA LEKSANA BANJARNEGARA (STUDI PERPEKTIF PIMPINAN PONDOK PESANTREN MBS ISTANA QUR’AN DENGAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN AN-NUR KARANGKOBAR))
14360077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUKUM ADU KICAU BURUNG DI DESA LEKSANA BANJARNEGARA (STUDI PERPEKTIF PIMPINAN PONDOK PESANTREN MBS ISTANA QUR’AN DENGAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN AN-NUR KARANGKOBAR))
14360077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Desa leksana adalah daerah dimana mayoritas penduduk tersebut berprofesi sebagai pedagang di pasar karangkobar mereka berjualan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan keluarga berjualan di pasar karangkobar disela-sela aktifitas mereka sebagai seorang pedagang mereka juga mempunyai suatu kegiatan dimana mereka berintraksi dan bersosial sebagai suatu lingkaran sosial masyarakat dalam hal ini prilaku yang sering di lakukan oleh msyarakat di desa leksana kecamatan karangkobar ini mereka mengadakan suatu kegiatan gantangan adu kicau burung sebagai menyalurkan suatu hobi dan sebagai bentuk bersosial masyarakat,terkait adu kicau burung dalam islam iamasih belum terbentuk secara jelas hukum adu kicau burung walaupun dimana dalam proses pelaksanaan perlombaan adu kicau burung panitia harus mempunyai pihak ketiga sebagi pihak yang akan memberikan hadiah untuk para pemenang agar terhindar dari unsur perjudian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan hukum terhadap perlombaan adu kicau burung di Desa leksana karangkobar jenis penelitian ini adalah lapangan (fiel research). Sementara itu, sifat penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan lapangan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa perlombaan adu kicau burung memang murni perlombaan. Dan dana yang digunakan dalam penenrtuan hadiah mengunakan dana yang dikumpulkan dari peserta perlombaan dan hadiah adalah sebagai timbaal balik pemenang untuk biyaya perawatan pemeliharaan burung kicaunya sem

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Gusnam Haris, S,Ag, M, Ag
Uncontrolled Keywords: adu kicau Burung; perspektif ulama; Hukum Islam.
Subjects: Masalah Sosial
Hukum Islam
Hukum Adat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 02 Dec 2021 10:40
Last Modified: 02 Dec 2021 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45398

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum