STRATEGI PENGASUH DALAM MELATIH KEMANDIRIAN PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA

Musdalifah, NIM. 18200010224 (2021) STRATEGI PENGASUH DALAM MELATIH KEMANDIRIAN PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGASUH DALAM MELATIH KEMANDIRIAN PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA)
18200010224_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGASUH DALAM MELATIH KEMANDIRIAN PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DI YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA)
18200010224_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan anak penyandang disabilitas intelektual yang memerlukan strategi khusus untuk melatih kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan strategi pengasuh dalam melatih kemandirian penyandang disabilitas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpul lalu dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk melatih kemandirian penyandang disabilitas intelektual. Ada empat jenis area dalam pembentukan kemandirian. Yakni, bina diri, bina keterampilan, dan bina lingkungan dilakukan dengan empat strategi, yakni strategi peragaan, strategi pembiasaan, strategi pemberian latihan dan strategi penguatan. Interaksi yang terjadi secara langsung oleh pengasuh dalam setiap aktivitas sehari-hari seperti membersihkan tempat tidur, mandi, mencuci pakaian, makan, membersihkan tempat makan, melipat baju, dan berbusana. Serta keterampilan yang lain seperti membantik, melukis, bernyanyi, membuat gelang tangan, tote bag, dan bercocok tanam. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan potensi, kemampuan, bakat dan minat yang dimiliki masing-masing penyandang disabilitas intelektual. Agar mereka mampu mandiri untuk menolong dirinya sendiri serta berkarya sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro’fah, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Strategi, penyandang disabilitas intelektual, kemandirian
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Oct 2021 16:52
Last Modified: 14 Oct 2021 16:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum