PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 DI MA NURUL UMMAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Widyastuti Nur Isnaini, NIM.: 13680026 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 DI MA NURUL UMMAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 DI MA NURUL UMMAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021)
13680026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 DI MA NURUL UMMAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021)
13680026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi materi virus siswa kelas X MIPA 2 MA Nurul Ummah Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan model Pictorial Riddle. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 3 siklus. Tindakan yang diberikan adalah model pembelajaran Pictorial Riddle. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 2 MA Nurul Ummah Tahun Pelajaran 2020/2021. Data penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, lembar angket motivasi belajar siswa, foto, dan catatan lapangan. Data dianalisa secara kualitatif dengan metode deskriptif dan secara kuantitatif dengan Effect Size d Cohen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama model pembelajaran Pictorial Riddle dapat meningkatkan motivasi atau minat belajar siswa di Kelas X MIPA 2 MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Pada siklus pertama, motivasi dan minat belajar siswa tergolong cukup. Pada siklus II motivasi dan minat belajar siswa tergolong baik. Dan pada siklus III motivasi dan minat belajar siswa tergolong sangat baik. Kedua model pembelajaran Pictorial Riddle dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dari siklus I ke siklus II adalah 19,2%, dari siklus II ke siklus III adalah 11,6%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Pictorial Riddle dapat meningkatkan kemampuan atau hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 MA Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta sebesar 11,6% - 19,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran biologi; virus; minat belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Oct 2021 12:59
Last Modified: 18 Oct 2021 12:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum