TINGKAT KEJENUHAN PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nursopiah Nst, NIM.: 13680048 (2020) TINGKAT KEJENUHAN PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINGKAT KEJENUHAN PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
13680048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT KEJENUHAN PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
13680048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

NURSOPIAH NST. Tingkat Kejenuhan Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogykarta pada Masa Pandemi Covid- 19. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor penyebab terjadinya kejenuhan pembelajaran daring mahasiswa Pendidikan Biologi pada masa pandemik covid-19 (2) mengetahui tingkat kejenuhan pembelajaran daring Mahasiswa Pendidikan Biologi pada masa pandemic covid-19. Pada saat melakukan observasi yang terjadi pada saat ini banyak keluhan yang terjadi dalam Pendidikan saat ini ya sehingga penulis tertarik tentang kejenuhan pembelajaran daring mahasiswa Pendidikan biologi UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didukung oleh kuantitatif dengan gambaran pada mahasiswa Pendidikan biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada pengumpulan data menggunakan wawancara divalidasikan dengan hasil angket. wawancar melalui video call, penyebaran angket kuisioner menggunakan aplikasi google form dan dokumentasi. Menggunakan triangulasi Teknik dengan mengecek data kepada sumber yang sama dengan Teknik yang berbeda. Penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nya tingkat kejenuhan pembelajaran daring pada masa pandemik covid-19 mahasiswa Pendidikan biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta disebabkan oleh beberapa faktor-faktor yang berdasarkan indikator-indikator kejenuhan menurut Schaufeli & Enzman, (1998) yaitu kelelahan emosional, kelelahan fisik, kelelahan kognitif dan kehilangan motivasi sehingga berpengaruh pada saat pembelajaran daring yang menyebabkan kejenuhan menjadi tinggi. Berdasarkan hasil data yang diperoleh melalui angket kejenuhan pembelajaran daring mahasiswa Pendidikan biologi Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta terholong tinggi karena berada pada berada pada rentang nilai antara 83,3 sampai 100 dengan skor rata-rata jumlah adalah 86,5. Kejenuhan menjadi tinggi disebabkan karena faktor melampaui batas kemampuan belajar sehingga mengakibatkan terjadinya kelelahan atau kejenuhan pembelajaran daring dan bisa berprilaku menyimpang seperti melalaikan tugas dan malas mengikuti pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Widodo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: belajar; pembelajaran daring; pelajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Oct 2021 13:42
Last Modified: 18 Oct 2021 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45582

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum