PENANAMAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURALISME DENGAN PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG

Zais Mubarok, NIM: 17104010025 (2020) PENANAMAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURALISME DENGAN PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURALISME DENGAN PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG)
17104010025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURALISME DENGAN PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 KEJOBONG)
17104010025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari merespon perubahan karakter dengan karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia. Penanaman karakter menjadi cara mendasar untuk memberikan arahan kepada siswa tentang sikap saling menghargai perbedaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui desain penanaman karakter dan hasil pelaksanaan penanaman karakter berbasis multikulturalisme. Penelitian ini bersifat kualitatif (Field research) yaitu penelitian deskriptif yang menyajikan data secara sistematik dan memaparkan objek yang sebenarnya. Menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum serta guru PAI. Hasil penelitian ditemukan bahwa desain penanaman karakter masih sesuai dengan perspektif masing-masing karakter individu dan belum sepenuhnya sikap saling menyikapi perbedaan diterapkan kepada semua orang. Hasil pelaksanaan penanaman karakter baru sebatas menumbuhkan kesadaran menghidupkan nilai karakter karena jika menggunakan pendekatan Living Values Education untuk menerapkan penanaman karakter berbasis multikulturalisme harus berangkat dari kesadaran individu akan karakter dan setiap orang merasa butuh tentang integrasi nilai-nilai multikultural dan penanaman karakter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Karakter, Multikulturalisme, Living Values Education (LVE).
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Oct 2021 16:43
Last Modified: 21 Oct 2021 16:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum