MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM MATRIKULASI DALAM PENGEMBANGAN PENGUASAAN KITAB KUNING BAGI SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Zainal Mutaqin, NIM.: 13490028 (2020) MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM MATRIKULASI DALAM PENGEMBANGAN PENGUASAAN KITAB KUNING BAGI SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM MATRIKULASI DALAM PENGEMBANGAN PENGUASAAN KITAB KUNING BAGI SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
13490028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM MATRIKULASI DALAM PENGEMBANGAN PENGUASAAN KITAB KUNING BAGI SISWA KELAS X MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
13490028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu program matrikulasi yang dilaksanakan yaitu program pendalaman atau penguasaan kitab kuning. Untuk memahami dan mempelajari kitab kuning diperlukan sebuah persepsi yang sama untuk siswa-siswi di MA Wahid Hayim Yogyakarta karena memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hal ini sangat mempengaruhi kegiatan pembelajaran kitab kuning terutama bagi siswa alumni SMP yang masih sedikit bahkan belum mengenal tentang kitab kuning, berbeda dengan siswa yang pernah belajar kitab kuning disekolah atau pesantren terdahulu. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pendalaman untuk mempermudah mempelajari kitab kuning.maka dari itu siswa kelas X MA Wahid Hasyim Yogyakarta harus mempelajari kitab kuning jenjang awal untuk memermudah pembelajaran kedepannya. Pada penelitian ini akan dicari terkait manajemen strategi matrikulasi MA Wahid Hasyim dan apa kelebihan dan kekurangan dari strategi ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), bersifat kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tehnik triangulasi. Dari hasil penelitian Manajemen strategi di MA Wahid Hasyim ada 5 yaitu Perumusan Strategi, Perencanaan strategi, Penyusunan program, Implementasi atau Pelaksanaan, dan yang terakhir adalah Evaluasi atau pengawasan atau pengendalian. Kelebihan dari strategi matrikulasi adalah adanya kemampuan dasar yang kuat bagi anak-anak, anak-anak akan mengetahui pengetahuan keagamaan lebih dalam dikarenakan selama enam bulan anak-anak akan disuguhi dengan pelajaran agama-agama islam, memberikan efek untuk anak-anak menjadi lebih fokus dalam mengetahui pelajaran agama islam. Sementara untuk kekurangannya adalah anak-anak pada semester berikutnya sedikit kesulitan,dalam memahami ilmu-ilmu umum dan Siswa-siswi harus mengejar materi umum yang belum pernah diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategi; kurikulum pesantren; matrikulasi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Oct 2021 15:18
Last Modified: 27 Oct 2021 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46011

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum